Pelunasan BPIH sedang Berjalan, Visa Sudah Mulai Dikebut

Purworejo — Sejak dibuka pada 19 Mei lalu, 358 jamaah haji Kab.Purworejo reguler sudah melakukan pelunasan di BPS BPIH masing-masing hingga Selasa (31/05). Ini artinya sudah 80,26 persen jamaah yang melunasi dari 446 jamaah Kab.Purworejo.

Sejatinya Kab.Purworejo mempunyai 466 jamaah reguler yang berhak melunasi tahun ini. Akan tetapi delapan jamaah telah dilaporkan meninggal dunia, dan 12 jamaah menyatakan mundur ke tahun berikutnya. Jumlah tersebut belum termasuk petugas daerah 3 orang dan petugas kloter 2 orang.

Pelunasan jamaah haji dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dimulai 19 Mei dan akan berakhir 10 Juni 2016 diperuntukkan bagi jamaah tunda, jamaah dengan porsi tahun 1437 H/ 2016 M yang berhak lunas tahun ini dan belum pernah haji. Sedangkan jamaah yang sudah haji dapat melunasi di Tahap II yakni pada tanggal 20 sampai dengan 30 juni 2016.

Meskipun proses pelunasan belum selesai, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kab.Purworejo Mutamimah menungkapkan telah melakukan persiapan visa. Paspor telah dilakukan update nama dan ditempeli foto serta label nama dan SOC. Lembar merah pelunasan pun telah dilampirkan di masing-masing paspor yang jamaahnya telah melunasi.

“Kami mendapat instruksi untuk segera mengumpulkan paspor yang sudah lengkap tanggal 3 Juni di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Paspor-paspor tersebut akan segera melalui proses pemvisaan dan pembagian kloter. Targetnya 355 paspor sudah bisa dikumpulkan ke Kanwil. Untuk itu, proses paspor yang kami lakukan tidak menunggu selesainya tahapan pelunasan,” papar Mutamimah.

Sebagaimana tahun lalu, kuota jamaah haji Indonesia tahun ini berjumlah 168.800 karena masih mengalami pemotongan sebanyak 20 persen. Dari jumlah itu, kuota haji regular sebanyak 155.200 yang terdiri dari jemaah haji regular sebanyak 154.049 dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 1.151 orang.(azizah/gt)