Pemantapan Manasik Haji Kemenag Klaten

Klaten – Manasik merupakan suatu program yang berguna sebagai pembekalan para jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci. Program ini dinilai sangat penting karena manasik selain memberikan pengetahuan tentang tata cara menjalankan haji tetapi juga mengingatkan kembali pengetahuan tentang aturan dan rukun secara keseluruhan yang tertera di dalam Al-Quran dan Al-Hadist yang hukumnya Fardlu Ain dan harus diikuti. Bahkan, Rasulullah pun secara gamblang menyerukan kepada umatnya untuk mengikuti cara manasik yang ia lakukan. Terutama kepada para calon jamaah yang masih awam atau belum pernah menjalankannya haji dan umrah. Para jamaah yang sudah berpengalamanpun bisa ikut andil untuk berbagi ilmu yang semata-mata demi mendekatkan diri kepada Sang Khaliq.Kepala KUA Klaten Tengah Jupriyanto selaku panitia pelaksana mengatakan, selamat datang calhaj Kec Klaten Tengah dan selamat untuk mengikuti kegiatan ini semoga dapat bermanfaat. Jumlah calhaj Kec. Klaten Tengah untuk tahun ini sebanyak 43 orang, tambahnya.

Terima kasih kepada calhaj yang telah berkenan hadir di KUA Klaten Tengah sebagai ajang pemantapan manasik haji 2015, meskipun sudah melaksanakan manasik baik di KBIH masing-masing yang telah diikuti calhaj. Ini merupakan rangkaian persiapan pemberangkatan calon jamaah haji Kab. Klaten, demikan sambutan Kepala Kemenag Klaten Mustari sekaligus membuka kegiatan ini.

”Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dengan melibatkan berbagai pihak. Penyelenggaraan Ibadah haji dilaksanakan berdasarkan azas keadilan, profesionalitas, akuntabilitas dengan prinsip mengedepankan kepentingan jamaah, memberikan rasa keadilan memberikan kepastian, transparansi dan akuntabilitas, profesionalisme. Keterlibatan unsur pemerintah daerah, tokoh agama, ormas, MUI dan KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji),” ucap Mustari.

”Sebanyak 760 calhaj Klaten yang angkat berangkat, jadwal pemberangkatan calhaj tahun 1436H/2015M Kabupaten Klaten gelombang II embarkasi haji Adisumarmo Solo (SOC) masuk dalam kloter 69,70, dan 72. Untuk kloter 69 Insya Allah berangkat dari Klaten tanggal 14 September 2015 bergabung dengan calhaj dari Kab. Sragen, kloter 70 tanggal 15 September 2015 semua calhaj dari Klaten, dan untuk kloter 72 berangkat 15 September juga tergabung dengan Boyolali dan Wonogiri, “ jelas Mustari

Kemenag dalam penyelengaraan haji tidak bisa bekerja sendiri, dan bekerjasama berbagai pihak dalam pelaksanaannya, karena ini merupakan tugas nasional bersama, tegas Mustari.

”Manasik kali ini melibatkan narasumber dari IPHI Klaten dan tokoh agama, agar calhaj semakin mantap yang akan melaksanakan ibadah haji,” imbuhnya. (AgusJun)