Pembagian Rapor, Sarana Komunikasi Madrasah dan Wali Murid

Rembang — Berdasarkan kalender akademik MTs N 4 Rembang tahun pelajaran 2018/2019, pada hari Selasa (18/12/2018), agenda MTs N Sumber adalah pembagian rapor ke seluruh siswa yang berjumlah 564 peserta didik. Pembagian raport siswa oleh wali kelas di ruang kelas masing-masing kepada orang tua atau wali siswa. 

Masrum selaku kepala madrasah mengungkapkan alasan penerimaan raport langsung kepada orang tua atau wali tidak kepada siswa. Dengan undangan kepada wali siswa, madrasah bisa membangun komunikasi dan silaturahmi dengan wali murid.
“Sehingga terciptalah komunikasi efektif dalam membimbing, mendidik, mengawasi siswa demi terciptanya peserta didik yang berprestasi, berbudi pekerti islami dan religius,” kata Masrum.

Sebelum pembagian rapor, Masrum memberikan arahan kepada orang tua peserta didik tentang sistem penilaian, perkembangan belajar siswa selama satu semester dan lain-lain. 

Satu persatu wali murid secara bergantian maju menerima rapor putra-putrinya secara bergantian. Sebagai, dibacakan jumlah 10 besar peringkat di kelas masing-masing.

Sutini salah satu orang tua peserta didik mengapresiasi sistem penerimaan rapor kepada orang tua secara langsung. Dengan begitu, orang tua dapat langsung mengetahui perkembangan anaknya. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak madrasah yang dengan sabar mendidik putra putri kami dengan bekal keilmun dan keislaman,” ucapnya.–dwi/iq/bd