Pembangunan RKB Diminta Segera Dilaksanakan

Pemalang – Rombongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang yang dipimpin oleh Kepala Subbag TU meninjau tanah MIN Sugihwaras, Senin (7/8). Tinjauan dilaksanakan untuk menentukan rencana lokasi pembangunan ruang kelas baru (RKB) sesuai instruksi Kepala Kankemenag. Peninjauan lokasi dan pengukuran rencana pembangunan turut diikuti konsultan perencana.

Dalam DIPA Pendidikan Islam Kankemenag tahun anggaran 2017 terdapat kegiatan pembangunan RKB MIN Sugihwaras senilai Rp175 juta. Selain itu terdapat pengadaan meubeler MIN Sugihwaras senilai Rp25 juta.

Sebelum melaksanakan tinjauan, Kepala Kankemenag Taufik Rahman memimpin rapat persiapan di ruang rapat Kankemenag. Rapat diikuti oleh Kasubbag TU, Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala MIN Sugihwaras, Pejabat Pembuat Komitmen, Perencana, dan Bendahara Kankemenag. Taufik menjelaskan pembangunan RKB dan pengadaan meubeler sebelumnya telah diusulkan untuk direlokasi kepada MIN Bantarbolang.

Namun beberapa waktu yang lalu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dalam suratnya menyampaikan mengingat waktu yang terbatas untuk dilakukan revisi, pembangunan RKB dan pengadaan meubeler agar tetap seperti semula. Menindaklanjuti surat tersebut, Taufik menyampaikan beberapa arahan.

“Pembangunan RKB dan pengadaan meubeler harus segera dilaksanakan. Langkah pertama kita adalah dengan melakukan peninjauan ke lokasi tanah MIN Sugihwaras yang akan dibangun RKB. Kemudian untuk pembangunan apakah dengan penunjukan langsung atau lelang, silakan lihat ketentuannya,” katanya.

Guruh Pandingan selaku PPKom menyampaikan untuk pembangunan RKB dan pengadaan meubeler sesuai ketentuan bisa dilakukan dengan metode pengadaan langsung. Hal ini juga untuk mempercepat waktu pelaksanaan.

Menanggapi usul PPKom, Taufik memutuskan akan menggunakan metode pengadaan langsung. Yang ditekankan oleh Taufik, rekanan yang ditunjuk harus mempunyai komitmen terhadap pekerjaan, bukan komitmen karena fee. Rekanan tersebut harus mempunyai rekam jejak yang bagus.

Dengan pengadaan langsung, pembangunan RKB dan pengadaan meubeler bisa dilaksanakan mulai awal September 2017 dan bisa selesai pada akhir November 2017. (fi/rf)