Pembangunan rohani salah satu program TMMD

Pemalang – Dalam rangka mendukung pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-94 di desa Petanjungan Kecamatan Petarukan, Kankemenag Kabupaten Pemalang mengadakan program sholat Isya berjamaah dan pentasarufan zakat UPZ di masjid At Taqwa desa Petanjungan (22/5).

“Sudah menjadi tugas pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, sejahtera, aman, dan tenteram. Akan tetapi, Pemerintah tidak bisa mewujudkan itu semua tanpa bantuan dari masyarakat”, ujar Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman dalam sambutannya.

“Kementerian Agama yang mempunyai tugas dalam memelihara kerukunan umat beragama, pendidikan agama dan keagamaan, ibadah haji dan lain sebagainya juga tidak akan bisa berjalan maksimal tanpa bantuan masyarakat, begitu pula dengan aparat kepolisian maupun TNI tidak bisa melakukan sendiri dalam menjaga keamanan tanpa kerjasama dari masyarakat”, lanjutnya.

Selain program fisik, Kankemenag Kabupaten Pemalang juga mendukung TMMD kali ini dengan program kegiatan non fisik melalui penyuluhan di bidang agama yang dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam dan Kepala KUA Kecamatan Petarukan.

“Peran serta kami adalah dalam rangka memotivasi, membimbing masyarakat di desa Petanjungan pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Pemalang pada umumnya”, ujar Taufik.

Dilanjutkan Taufik, Nabi Muhammad SAW sudah memberikan contoh bagaimana cara bekerja yang baik, mencari nafkah yang berkah. Rasulullah menginginkan agar umatnya sukses, sehingga hal tersebut agar dijadikan sebagai motivasi bagi umat Islam agar selalu berusaha untuk mencapai kesuksesan dunia akhirat.

Zakat UPZ kali ini ditasyarufkan untuk Masjid At Taqwa, Masjid Nurul Karomah, dan Masjid Al Ikhlas desa Petanjungan dalam bentuk dana, mushaf Al Qur’an dan terjemah serta juz amma dan terjemah.

“Mudah-mudahan zakat yang kami berikan bisa diterima dengan baik dan bisa bermanfaat”, pungkas Taufik.