Pembangunan SBSN RKB MTsN 5 Demak Menuju Peningkatan Kualitas Madrasah

Demak-  SBSN sangat membantu madrasah dalam menyediakan kekurangan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Karena jumlah siswa yang meningkat dan ruang pendukung yang belum tersedia. Selain Ruang Kelas Baru, sarana prasarana lainnya seperti asrama /boarding, laboratorium terpadu juga menjadi program kedepan yang saat ini masih dalam rencana. Semoga SBSN bisa membantu pengembangan sarana tersebut. Demikian harapan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri ( MTsN) 5 Demak, Nur Kamsan dalam sambutan pengantarnya pada Rapat Koordinasi Persiapan Tender Konstruksi SBSN Pembangunan Ruang Kelas Baru di Rumah Makan Kalijaga yang berlokasi di Jalan Lingkar Demak, Botorejo, Kec. Wonosalam, Kabupaten Demak, Sabtu (29 Mei 2021).

Rapat koordinasi dihadiri oleh Kepala MTsN 5 Demak selaku Kuasa Pengguna Anggaran ( KPA ), Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ) Ahmad Nafis Hunaifi, bendahara MTsN 5 Demak, konsultan Perencana dan Pokja UKPBJ Kemenag Jateng. Rapat yang membahas persiapan tender yang rencananya diumumkan di LPSE Kemenag awal Juni 2021 ini dimulai dengan paparan PPK terkait Kerangka Acuan Kerja ( KAK ) dan dilanjutkan dengan paparan konsultan perencana terkait gambar, RAB  dan spesifikasi teknis.

Nur Kamsan menuturkan saat ini MTs Negeri 5 Demak yang berlokasi di kecamatan Bonang Demak mempunyai siswa siswi sebanyak 889 anak dengan jumlah rombel 25 kelas. Kekurangan ruang kelas saat ini masih menempati ruang laboratorium komputer, ruang rapat, ruang OSIS , dan ruang BK. Dengan diperolehnya anggaran SBSN tahun 2021 untuk pembangunan 6 Ruang Kelas Baru ( RKB ), Nur Kamsan berharap kekurangan ruang kelas dapat teratasi. Rencana pengembangan kedepan, lanjut Nur Kamsan, perlunya peninggian halaman upacara / ruang terbuka ( untuk menghindari banjir ), rehab ruang kepala madrasah, rehab ruang ketrampilan (sekarang jadi perpustakaan) serta melanjutkan pembangunan mushola dan  pengadaan tanah 1400 meter persegi. Semua pengembangan diatas kerjasama dengan komite madrasah, guru dan para donatur.

Pembangunan Ruang Kelas Baru yang didanai SBSN tahun 2021 ini diharapkan Nur Kamsan dapat  selesai dengan tepat mutu, tepat waktu dan tepat guna. Sehingga diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan kualitas madrasah menuju madrasah hebat bermartabat. Dengan dukungan jumlah guru dan karyawan sebanyak 67 orang  ( guru PNS 43 orang dan staf PNS 3 orang ), menjawab tantangan untuk meningkatkan kualitas atau prestasi ( akademik) madrasah baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. Seluruh medali sampai saat ini sebanyak 68 medali di bidang akademik telah berhasil diraih.

” Kami berharap pokja dapat bekerja keras untuk mendapatkan penyedia yang amanah dan benar-benar membantu madrasah “, demikian pesan Nur Kamsan di akhir sambutannya – – Ali Ahsan