Pembekalan Calon Pengawas Ujian Nasional, Prestasi Yes Jujur Harus

Temanggung – Ujian Nasional merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun, salah satu persiapan dalam pelaksanaan ujian nasional adalah pembekalan pengawas. Bertempat di PPAI Kecamatan Candiroto, Sabtu (11/3) Seluruh Calon Pengawas Ruangan Ujian yang terdiri dari guru-guru di wilayah Kecamatan Candiroto dan Bejen hadir mengikuti pembekalan teknik penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut pengawas pendidikan agama Kecamatan Candiroto dan Bejen, Sahro Istachori. Usai memberikan pembekalan, Sahro Istachori menyampaikan pengawas diharapkan untuk senantiasa mengingatkan dan mendampingi anak-anak agar lebih teliti dalam mengisi lembar jawaban ujian.

“Diusahakan agar jangan sampai kesalahan yang sama terulang sepanjang pelaksanaan ujian. Hal ini disampaikan karena seringnya terjadi kesalahan yang dilakukan oleh peserta ujian tatkala mengisi lembar jawaban,” tegasnya. Oleh karena itu, tingkat ketelitian dan kejelian peserta dalam mengisi lembar jawab ujian perlu untuk dioptimalkan dan pengawas dihimbau untuk tidak teledor ataupun melupakan tugas utamanya.

Dalam kesempatan yang sama, Sahro Istachori menambahkan, bahwa intinya pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 secara teknik diharapkan sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0034/P/BSNP/XII/2015 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Tahun Pelajaran 2016/2017. Selain itu diharapkan pelaksanaan ujian tahun ini berlangsung sesuai dengan motto “Prestasi Yes, Jujur Harus”.(sr/Af)