Pembelajaran Al-Quran Sejak Dini Cegah Kejahatan Seksual Anak

Pati – Kerisauan masyarakat tentang darurat seksual yang sekarang tengah mengemuka sebenarnya tak perlu terjadi jika pembelajaran Al-Qur'an ditanamkan sejak dini pada diri anak. Sebab, nilai-nilai dalam Al-Quran akan memberi pagar terhadap anak dalam berperilaku.
Demikian diungkapkan Kepala Seksi Pondok Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Kabupaten Pati, Ruhani usai menyampaikan sambutan dalam acara Khotmil Qur'an dan Wisuda Santri TPQ se Kecamatan Tambakromo, Bertempat di Gedung Haji Tambakromo, Minggu (07/4).

Menurut Ruhani, selain nilai-nilai agama dari sisi psikologis anak-anak yang akrab dengan Al-Qur'an akan memberi pengaruh positif bagi pembentukan karakter anak.

“Nuansa batinnya akan membimbing perilaku sang anak untuk menjadi orang baik. Jadi kalau sekarang ribut-ribut soal kejahatan seksual anak, itu sesugguhnya bisa diantisipasi melalui pengenalan Al-Quran sejak dini,” ujarnya di hadapan 147 wisudawan TPQ se Kecamatan Tambakromo.

Ruhani menegaskan bahwa kegiatan TPQ juga secara tidak langsung membantu para orang tua dalam menangani kenakalan remaja. Sebab, sejak dini anak telah dibiasakan berperilaku religius. Ini akan terus melekat dalam tindakannya.

“Dengan memasrahkan anaknya pada TPQ, waktu-waktu di mana orang tua teledor dalam menjaga anaknya, itu akan tereliminasi. Walaupun peran orang tua masih tetap nomor satu,” jelasnya.

Senada dengan Ruhani, salah seorang panitia wisuda, Sholeh berharap agar pembinaan Al-Qur'an terhadap wisudawan TPQ tetap berlanjut di lingkungan masing-masing. Sebab TPQ hanya pondasi awal dari sebuah bangunan.

“Kalau tidak diarahkan, bangunannya bisa melenceng. Kita berharap mereka kelak menjadi generasi Qur'ani sekaligus menjadi ujung tombak Ahlussunnah wal Jama'ah,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, Imron Rosyidi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pengurus TPQ Kecamatan Tambakromo, dalam hal ini Mabin TPQ. Menurutnya, hal ini sangat positif bagi pencetakan kader bangsa yang berakhlaqul karimah. Selain itu, ia juga menyatakan siap mendukung program peningkatan kualitas TPQ. (Am/Wul)