Pembentukan karakter anak lewat pramuka.

Pembentukan karakter anak lewat pramuka.

Demak- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak melaksanakan pelantikan anggota pramuka menjadi Bantara dan laksana yang tahun ini diikuti 200 anggota pramuka, kegiatan tersebut dilaksanakan jumat hingga minggu 18-20 Janurai 2019 di bumi perkemahan  Colo Kudus.

Pembina pramuka MAN Demak  Sofiul Anam.SPd menyampaikan bahwa, kegiatan yang diikuti seluruh siswa/siswi kelas sepuluh (10) pada MAN Demak ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar berakhir.

“ jadi semua anggota pramuka wajib mengikuti kegitan tersebut bagi yang berhalangan atau tidak bisa mengikuti untuk mengikuti kegiatan tahun berikutnya.” Katanya.

Sofiul Anam yang diberi tugas oleh Kepala MAN Demak sebagai Pembina  pramuka yang sudah tiga tahun itu menambahkan, kegiatan pramuka ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi siswa/siswi yaitu menanamkan rasa di siplin, rasa tanggung jawab, senantiasa bekerjasama dan saling membimbing dan mengarahkan juga saling menghargai perbedaan .

 “karena pentingnya kegiatan tersebut maka diwajibkan kepada semua anggota pramuka harus mengikuti”. Tambahnya.

Pembentukan karakter ini ditunjukan pada saat anggota pramuka dalam melaksanakan kegiatan seperti sholat harus dilaksanakan tepat waktu, pekerjaan kelompok seperti mendirikan tenda ini harus diperlukan kerja sama, dan semua kegiatan  dilakukan penuh dengan tanggungjawab. “ hal ini tentu akan mendidik dan sekaligus membiasakan kepada siswa / siswi yang pada akhirnya punya jiwa yang kuat dan berkarakter.” Imbuhnya.

Pada akhir sambutannya Sofiul Anam yang biasa disapa kak Sofi oleh adik-adik pramuka itu berpesan, kepada seluruh anggota pramuka yang baru saja di lantik dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab juga amanah.”  Yang terpenting lagi harus bisa membawa nama baik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak dimana saja berada.” tegasnya.ms.