Pembinaan Rohani Islam (Rohis) bagi Siswa SMA/SMK

Semarang – Dalam rangka merealisasikan salah satu anggaran DIPA tahun anggaran 2016, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) menyelenggarakan Pembinaan Rohani Islam (Rohis) untuk pelajar tingkat SMA/SMK. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Muria Semarang diikuti sekitar 100 orang peserta berasal dari SMA/SMK se-Jateng yang terbagi dalam dua angkatan, dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama  Provinsi Jawa Tengah, Senin (31/10).

“Kegiatan pembinaan rohis di SMA/SMK ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan satu tahun sekali, yang dilaksanakan di beberapa sekolah di Jawa Tengah,” jelas Farhani.

Adapun tujuan dari diselenggarakan pembinaan Rohis adalah memberikan sarana pendidikan, pelatihan dan pendalaman Pendidikan Agama Islam bagi para siswa, agar dapat mengkomunikasikan ajaran agama yang mereka peroleh dalam bentuk akhlak mulia, sehingga nilai-nilai ajaran islam dapat mewarnai lingkungan sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

“Penyelanggaraan Pendidikan Agama Islam di SMA/SMK harus mampu menyeimbangkan tiga ranah pendidikan yaitu ilmu, akhlak, dan amaliyah. Untuk itu melalui kegiatan Rohis yang terus diselenggarakan diharapkan mampu membentuk karakter serta meningkatkan potensi dan pengetahuan keagamaan yang sebenarnya hal tersebut sudah ada pada setiap peserta didik,” imbuhnya.

Kegiatan ini merupakan wadah untuk perbaikan diri dan moralitas siswa siswi. Kita berharap setelah kegiatan ini para siswa mampu menjadi pioner atau teladan dan contoh di lingkungan sekolahnya masing-masing. (rf/gt)