Pembuatan Video Pendek tentang Kerukunan Umat Beragama

Temanggung – Kerukunan antar/inter umat beragama merupakan sebuah komitmen yang harus selalu dipegang tidak hanya oleh para tokoh agama, tetapi juga oleh umat beragama masing masing. Tokoh agama harus selalu menekankan kepada umat beragama untuk selalu menjaga kerukunan di tengah suasana suhu politik yang semakin menghangat.

Menyadari hal tersebut FKUB Kabupaten Temanggung menginisiasi pembuatan video pendek tentang kerukunan umat beragama. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kemanterian Agama Kabupaten Temanggung tersebut melibatknan seluruh anggota FKUB dan para tokoh agama.  

Menurut KH. Faizun selaku Ketua FKUB ,bahwa tujuan pembuatan video pendek ini untuk memberikan edukasi sekaligus sosialisasi tentang pentingnya kerukunan beragama. Faizun juga mengatakan bahwa komitmen bersama ini juga bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kerukunan antar umat beragama di tengah ramainya isu keagamaan di luar Temanggung.

“Kita sangat berkomitmen untuk kerukunan umat beragama dan intern agama senantiasa terjaga dan terpelihara dengan baik, kerukunan itu harus kita jaga, perbedaaan adalah sesuatu yang indah,” katanya.

Beliau  berharap gejolak keagamaan yang terjadi di luar daerah, tidak mempengaruhi kerukunan dan keamanan umat beragama di kabupaten Temanggung  yang sudah berjalan lama.

“Kita melihat kondisi sekarang ada bermacam-macam gejolak di tempat lain, kita dari tokoh-tokoh lintas agama di Kabupaten Temanggung, sepakat untuk tidak terpengaruh dengan gejolak di tempat lain,” ujarnya.

Rencananya video ini akan disebarluaskan melalui TV Temanggung, media iklan dan diputar secara langsung dalam berbagai kegiatan, ujarnya.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Temanggung KH. Yacub Mubarok mengapresiasi kegiatan yang dilakukan FKUB sebagai bagaian dari menjaga Ukhuwah inslamiyah dan kerukunan terutama untuk menjaga iklim kondusifitas di Temanggung menjelang Pilkada. (nm/sr/rf)