Pembukaan Pameran MQK Ke-VI Tahun 2017

Jepara – (30/11) Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, H. Farhani membuka Pameran dalam rangka memeriahkan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tingkat Nasional ke-VI tahun 2017 di Pesantren Roudlotul Mubtadiin, Balekambang, Jepara.

Seremonial pembukaan dipusatkan di depan pintu masuk ruang pameran utama. Tampak hadir, Pengasuh Pesantren Balekambang KH Muhammad Makmun Abdullah / yang mewakili, para jajaran pejabat Kanwil Kemenag Jawa Tengah, perwakilan santri peserta MQK dari masing-masing wilayah, peserta pameran dan masyarakat sekitar Balekambang yang sedang berada di sekitar ruang pameran.

Mengawali sambutannya, Kakanwil Farhani mengapresiasi pelaksanaan pameran untuk memeriahkan, menampilkan keunggulan masing-masing Kanwil Kemenag seluruh Indonesia, dan menampilkan produk-produk unggulan UMKM di Jawa Tengah serta seluruh Indonesia.

Kemudian dilanjutkan meninjau stand-stand yang berada di ruang utama pameran, khususnya stand Kanwil Kemenag Jawa Tengah. Yang diwakili oleh beberapa madrasah yang mempunyai keunggulan di bidang masing-masing, adapun perwakilannya adalah sebagai berikut;

  1. MAN 2 Kudus, yang menampilkan keunggulan “Madrasah Berbasis Riset”
  2. MAN 2 Bawu, yang menampilkan keunggulan produk khas Jepara.
  3. MAN Temanggung, yang menampilkan hasil karya & produk unggulan dari Kota asal.
  4. MAN IC Pekalongan, yang menampilkan produk inovatif hasil karya siswa.
  5. MTsN Borobudur, yang menampilkan keunggulan robotik yang jadi ciri khas madrasah asal.

MQK ke-VI tahun 2017 mengangkat tema “Dari Pesantren Untuk Penguatan Karakter dan Kepribadian Bangsa” dan kesempatan kali ini tuan rumah memutuskan maskot SIPODANG (Santri Indonesia Pintar, Optimis, Berdaya, dan Terpandang). Dengan harapan para santri bisa menghadirkan kekuatan karakter yang handal untuk mengangkat harkat martabat bangsa di dunia Internasional.

Tim JFC’17/bd