Pemerintah Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Dalam Beribadah

Kota Magelang – Kegiatan Simulasi Lintas Sektoral penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat yang dimotori oleh Pemkot Magelang melalui Camat Magelang Selatan, Senin (10/05) dilaksanakan di Rumah Gatot Wardoyo RT 01 RW 05 Kelurahan Tidar Warung. Perwakilan dari instansi yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Puskesmas , Kelurahan Rejosari , Koramil, Polsek PAIF KUA Magelang Selatan dan juga FKDM KMS wilayah Magelang selatan. Kegiatan yang secara berkala diselenggarakan itu dimaksdukan selain untuk memberikan himbauan, penerangan dan sosialisasi tersebut juga merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mensikapi wabah Covid- 19.

Kekompakan dan sinergitas tim gugus covid 19 diwilayah Kecamatan Magelang Selatan haruslah selalu ditingkatkan, terlebih menjelang momen Idul Fitri 1442 H ini. memantau cakupan pelayanan masyarakat terkait dengan pelaksanaan Pernikahan di masa pandemi covid

Pada kesempatan itu Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kementerian Agama Kota Magelang Nur Arofah selain mensosialisasikan gerakan 5M juga Surat Edaran Meneteri Agama Nomor 7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M. Panduan diterbitkan dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam penyelenggaraan Salat Idul Fitri sekaligus membantu negara dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Edaran ini mengatur kegiatan malam takbiran dan Salat Idul Fitri yang diselenggarakan di masjid dan lapangan terbuka.

”Pemerintah dan masyarakat  harus saling mendukung program-program yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran Covid 19. Begitupun jiga disaat ketika melakukan ibadah, harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah melalui gugus tugas tidak berniat untuk mempersulit apalagi menghalang-halangi warganya dalam menunaikan kewajiban ibadahnya. Akan tetapi tujuan pemerintah adalah memberikan rasa aman bagi warga terhadap ancaman covid 19”Jelas Nur Arofah.

SE Menteri Agama RI diterbitkan dalam rangka memberikan rasa nyaman bagi masyarakat dalam beribadah. Kita semua harus kompak untuk salin bahu membahu, mengingatkan dan mensosialisasikan pentingnya untuk terus menjaga kesehatan dan keselamatan bersama agar dalam pelaksanaan ibadah dan aktifitas lainnya dapat berjalan dengan hidmad, lancar dengan tetap mematuhi prokes” tambah Nur Arofah. (Arofah/HS)