Pemilihan Ketua OSIS MTsN Klaten Layaknya Pilkada

Klaten – MTsN Klaten mengadakan pemilihan ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) untuk periode 2017/2018. Pelaksanaan pemilihan dengan cara melakukan pemilihan langsung layaknya Pilkada dan Pemilu yang dilaksanakan di Aula MTsN Klaten dan disaksikan langsung oleh Kepala Madrasah dengan pemilih seluruh siswa (Selasa, 14/11).

Kepala MTsN Klaten Nurul Qomariyah mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk pembelajaran siswa khususnya  dalam berdemokrasi seperti dijalani saat pemilihan Presiden, Gubernur dan Bupati. Selain itu bertujuan untuk melatih dan mengenalkan kepada siswa-siswi agar mengetahui proses pemilu pada umumnya.

“Siswa diharapkan bisa menerapkan demokrasi mufakat dengan suara terbanyak, tidak hanya sembarang menunjuk saja pemimpin dan supaya dapat memperoleh ketua OSIS yang berkualitas yang menjadi panutan bagi pengurus dan anggota OSIS di MTsN Klaten,” tandas Nurul.

Kegiatan ini sengaja dibuat seperti Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) ataupun Pemilu, dimulai dari tahap pendaftaran calon, kampanye menyampaikan visi dan misi dan pemilihan dengan cara pencoblosan photo calon ketua OSIS, penghitungan suara dan diakhiri dengan pengumuman pemenang, jelas Kamad.

Kamad menambahkan, proses pemilihan ketua OSIS dengan cara seperti ini setidaknya bisa melatih dan memberikan pengetahuan mengenai tata cara melakukan pesta demokrasi dalam memberikan hak pilihnya. Kedepan para siswa akan mengalami masa dewasa yakni mempunyai hak pilih dalam memberikan suara terhadap para pemimpin bangsa ini,tuturnya.

Sementara itu ketua panitia pemilihan Bima Susilo (Ketua OSIS lama) mengharapkan agar program kerja pada periode 2016/2017 yang belum dilaksanakan, untuk bisa direalisasikan oleh pengurus yang baru.

Bima menambahkan, selama menjadi ketua OSIS periode 2016/2017 program yang telah dilaksanakan diantaranya Pengajian Akhirusannah tiap tahun yang akan lulus sekolah, perlombahan 1 Muharram  seperti Adzan, Qiro’ah, Tilawah, Kaligrafi.

“Semoga dalam pemilihan ini bisa didapatkan ketua OSIS yang bijaksana, bertanggungjawab, tidak semena-mena, dan bisa berguna bagi siswa lain,” harap Bima.

Pemilihan ketua OSIS diikuti 5 calon, yaitu  Insyaka Zidannadi (VIII/b), Muh Zikri F (VIII/a), Muh. Altha FH (VIII/e), Sintiyawati (VIII/d), dan Yusnianda Intan L (VIII/h), dalam hasil pemilihan calon no 1. 229, 2. 247, 3. 215, 4. 15, 5. 59, yang menjadi ketua OSIS baru adalah Muh. Zikri Fathoni (VIII/a) untuk periode 2017/2018.(nrd_aj/Wul)