Penambahan Kuota Haji 2017 Disambut Gembira

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman menyambut gembira adanya penambahan kuota haji tahun 1438 H/2017 M. Hal itu ia sampaikan saat melaksanakan safari sholat Jumat dan pembinaan umat di Masjid Baiturrahman Desa Gapura Kecamatan Watukumpul (3/3).

Kegiatan diikuti oleh Kasi Bimbingan Masyarakat Islam dan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag, Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala KUA Kecamatan Watukumpul, Pengawas dan Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Watukumpul, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Gapura.

Menteri Agama melalui surat keputusan nomor 75 tahun 2017 tanggal 9 Februari 2017 tentang penetapan kuota haji tahun 1438 H/2017 M menetapkan kuota haji Indonesia tahun ini sejumlah 221 ribu orang.

Jumlah tersebut meningkat dari kuota haji tahun 1436 H/2016 M sebesar 168,8 ribu orang. Peningkatan kuota sebagai imbas selesainya renovasi Masjidil Haram yang telah berlangsung sejak tahun 2013. Selain pengembalian kuota sebesar 211 ribu orang seperti sebelum renovasi, pada tahun ini Pemerintah Arab Saudi juga menyetujui penambahan kuota haji Indonesia sebanyak 10 ribu orang.

Untuk provinsi Jawa Tengah, Taufik menyebutkan mendapat penambahan kuota tahun 2017 sebesar 30.225 orang. Adanya penambahan kuota akan memangkas daftar tunggu (waiting list) haji, meskipun masih terhitung cukup lama, mencapai 19 tahun.

Menyikapi hal tersebut, Taufik meminta masyarakat untuk tidak mengendurkan semangat, baik yang sudah mendaftar haji maupun yang belum. Masyarakat yang sudah mendaftar haji dihimbau tidak membatalkan pendaftarannya dengan mengalihkan ke umroh. Karena ibadah haji merupakan ibadah wajib bagi yang mampu dan wajibnya haji hanya sekali.

Bagi masyarakat yang pernah menunaikan ibadah haji agar memberikan kesempatan bagi yang belum pernah haji, dengan tidak mendaftar lagi sebelum masa 10 tahun sejak keberangkatan terakhirnya. (fi/rf).