Penarikan Mahasiswa PPL di MTs N 1 Pekalongan

Kab. Pekalongan – Sejumlah 10 mahasiswa dari IAIN Pekalongan yang terdiri dari Jurusan Matematika 5 orang dan Bahasa Inggris 5 orang, telah menuntaskan program PPL selama 40, yaitu dari tanggal 9 Agustus-20 September 2021 di MTs Negeri 1 Pekalongan. Pertemuan yang berlangsung di ruang mahasiswa PPL MTsN 1 Pekalongan dilaksanakan dengan sederhana tersebut berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Senin, 20 September 2021.

Hadir dalam acara penarikan tersebut Dosen Pembimbing Nalim,M.Si, sedangkan dari pihak madrasah dihadiri oleh Kepala Madrasah  Drs.H. Mukhlisin, Dip. Ed beserta semua Wakil Kepala Madrasah; Kepala TU; guru pamong dan beberapa guru pembimbing.

Dalam sambutannya, kepala Madrasah H.Mukhlisin menyampaikan terima kasih kepada pihak IAIN Pekalongan yang telah mempercayakan MTsN 1 Pekalongan sebagai salah satu tempat praktik mengajar lapangan bagi mahasiswanya.

“Kepada adik-adik mahasiswa PPL, kami himbau untuk terus semangat belajar, semoga ilmu yang dipelajari dan dipraktikkan termasuk ilmu yang bermanfaat dan apa yang telah dilakukan disini merupakan bagian dari pengalaman di lapangan,” ujarnya.

Disamping itu, disampaikan juga oleh Kamad bahwa kegiatan PPL di madrasah tersebut sebagai ajang terjun ke dunia sekolah yang lebih nyata. Sehingga para mahasiswa bisa memiliki pengalaman secara utuh ketika betul-betul memanfaatkan kesempatan PPL.

Nalim, M.Si, selaku Dosen Lapangan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak madrasah yang sudah menerima peserta PPL IAIN Pekalongan dengan baik.

“Terima kasih atas bimbingan, pendampingan praktik pembelajaran, dan mohon maaf bila selama mahasiswa PPL di MTsN 1 Pekalongan banyak kekurangan dan kekeliruan,”ujarnya.

“Harapan kami, semoga kegiatan PPL mahasiswa kami selama ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa maupun pihak madrasah. Semoga MTsN 1 Pekalongan menjadi madrasah yang unggul dalam prestasi dan dapat bersaing dalam kompetisi.”tuturnya.

Disamping itu Dosen Pembimbing juga memberikan informasi bahwa di IAIN Pekalongan sekarang ada program PPG (Pendidikan Profesi Guru) dan program menempuh S2 dan S3.

Dalam acara tersebut, Amin Sholeh Sholihin perwakilan mahasiswa PPL menyampaikan bahwa banyak hal yang bisa mereka dapatkan selama praktik mengajar di MTsN 1 Pekalongan ini.

“Terimakasih kepada Bapak Kepala Madrasah, segenap guru, staf dan karyawan MTsN 1 Pekalongan yang telah membimbing kami selama 40 hari mengajar siswa MTsN 1 Pekalongan. Tak lupa kami mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan, semoga apa yang kami dapatkan selama disini dapat bermanfaat bagi kami untuk kedepannya, aamiin.” ujarnya.

Acara penarikan dan perpisahan mahasiswa PPL IAIN Pekalongan di MTsN 1 Pekalongan di akhiri dengan penyerahan hasil karya siswa pada waktu lomba memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-76 dan cinderamata kepada MTs N 1 Pekalongan yang diterima Kepala Madrasah dan perwakilan guru pamong Drs. Widodo Adi Prayitno.

Selaku Guru Pamong mapel Matematika Widodo Adi Prayitno menyampaikan bahwa mahasiswa yang melaksanakan PPL di madrasah ini selalu bersikap baik, sopan santun dan aktif bertanya, berkoordinasi dengan guru pamongnya. Widodo berharap agar semua mahasiswa selalu semangat, terus berlatih meningkatkan kompetensi diri, menabung hasil karya ke dalam media YouTube atau Facebook maupun media lainnya.

“Menabung hasil karya ke dalam media YouTube atau Facebook maupun media lainnya akan bermanfaat menunjang profesi guru yang akan dijalani di masa depan, misalnya mengkoleksi soal matematika hots dan soal yang bagus lainnya, membuat peraga, membuat karya tulis dan karya lainnya. Insya Allah akan menunjang profesi guru.” tuturnya.

Sementara itu Dra. Hj. Khumasiyah, guru Pamong Bahasa Inggris juga menyatakan apresiasinya atas kreativitas mahasiswa sekarang, “Mahasiswa PPL ini kreatif dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa mudah memahami materi yang disampaikan. Selain itu mereka memotivasi siswa untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan membimbing siswa dalam mengikuti lomba-lomba mapel secara online.” Demikian Hj. Khumasiyah menjelaskan ketika ditanya tentang kesan Pembelajaran Mahasiswa PPL.(US-IY/Ant/bd).