Pendampingan Asesmen Madrasah Tahun 2021

Kab. Pekalongan – Dalam upaya untuk menyiapkan kesuksesan madrasah menghadapi asesmen madrasah tahun 2021, Kantor Kementerian Agama kabupaten Pekalongan melalui Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan kegiatan “Pendampingan Asesmen Madrasah Tahun 2021”, yang pelaksanaannya bertempat di Aula Rumah Makan Kampung Damai Karanganyar Kabupaten Pekalongan, (Selasa, 22/7).

Kegiatan diikuti oleh 80 peserta, yang terdiri dari Ketua KKM MI, Ketua KKM MTs, Ketua KKMA, 28 Kepala MI Negeri/Swasta, 34 Kepala MTs Negeri/Swasta, dan 15 Kepala MA Negeri/Swasta se Kabupaten Pekalongan.

Selain Kasi Penma, H.Busaeri, hadir dalam kesempatan itu Ketua Pokjawas H. Muslimin, perwakilan Dindik Kab. Pekalongan Supriyana dan Tim HD Asesmen Madrasah Kabupaten Pekalongan sebagai Narasumber.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan H.Kasiman Mahmud Desky melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Busaeri, dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pendampingan asesmen madrasah dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman bagi Kepala Madrasah yang memiliki peran dalam suksesnya pelaksanakan ujian akhir yang sekarang bernama asesmen.

“Asesmen ini merupakan hal baru sehingga penting untuk disosialisasikan kepada semua peserta didik maupun orang tua wali/murid. Perubahan mendasar pada Asesmen Madrasah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil,” jelas H.Busaeri.

“Asesmen disebut sebagai Pemetaan Mutu Madrasah ini akan mulai diterapkan pada 2021, sehingga kami berharap akan semakin memacu kita dalam mewujudkan agar Madrasah Hebat Bermartabat, oleh karenanya madrasah harus memiliki daya saing dalam capaian kelulusannya.” harapnya.

Masih dalam pengarahannya Kasi Penma menyampaikan selain ada 4 kompetensi yang harus dikuatkan antara lain meliputi : Vokasi/Training, Sains, Digitalisasi dan Penguasaan Bahasa. Juga ada 5 Pilar Madrasah dalam menjalankan perannya yaitu Keagamaan, Kebangsaan, Kemerdekaan, Kebangsaan, Keumatan dan Kemandirian. Kelima pilar inilah sebagai pengembangan madrasah menuju Madrasah Hebat Bermartabat, karenanya seluruh warga madrasah harus menegakkan 5 pilar tersebut.(Abd/Ant/bd).