Pendampingan Asesmen Madrasah Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat

* Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M.Aqsho didampingi Kasi Pendidikan Madrasah H. Munif saat acara pendampingan Asessmen Madrasah

Batang – Untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan terkait teknis dari para Help Desk (HD) dan Proktor teknisi pada penyelenggaraan Asesmen Kempetensi Minimun (AKM), kemenag Kab. Batang mengadakan kegiatan pendampingan asesmen madrasah yang diselenggarakan pada Kamis, (23/09) yang lalu secara virtual. Hadir dalam acara itu para HD dan Proktor dari masing-masing madrasah dengan sejumlah 33 orang yang terdiri dari 5 HD Se-Kab. Batang, 5 Proktor MTs, 15 Proktor MI, dan 5 Proktor MA.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho dalam keteranganya menyatakan bahwa Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

“Kegiatan Pendampingan Asesmen madrasah ini diharapkan dapat mempersiapkan kemampuan teknis dari para peserta baik HD maupun Proktor dari masing-masing Madrasah,” papar H.M. Aqsho

* Siasana partisipan dari madrasah yang mengikuti Zom metting Pendampingan Assesmen Madrasah

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah, H. Munif menyampaikan bahwa target dari pelaksanaan kegiatan Pendampingan Asesmen Madrasah ini diantaranya peserta dapat memahami konsep , karakteristik teknis asesmen, dan terampil dalam operasional perangkat asesmen.

“ Untuk menciptakan Madrasah yang Hebat Bermartabat, kami perlu menjamin kualitas dari pengelola madrasah, salah satunya dari HD dan Proktor yang nantinya akan membantu pelaksanaan AKM,” ujar H. Munif.

Ia juga berharap dengan adanya Pendampingan Asesmen Madrasah akan mempermudah pelaksanaan AKM/ANBK pada setiap Madrasah.

“ Salah satu hal yang dapat menyukseskan dan memudahkan AKM/ANBK pada setiap madrasah yaitu adanya tenaga baik HD dan Proktor yang menguasai, maka kegiatan ini sangat penting bagi madrasah,” harapnya.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber Daniel, Kepala Sie PPD dan PK SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Batang dengan materi terkait teknis penyelenggaraan AKM. Peserta cukup antusias mengikuti acara itu, meskipun secara virtual. (Batang/ Laura / Zy)