Pendataan Online, Harus Meng-entry dan Meng-update online sendiri

Kota Pekalongan – Dalam rangka menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan operator EMIS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, Seksi Pakis menyelenggarakan Kegiatan Rapat Pendataan Lembaga Pendidikan Keagamaan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Tahun Anggaran 2017, berlangsung di TPQ Asy Syafi’iyyah Pringlangu Pekalongan, Jumat (17/11).Kegiatan  diikuti 206 peserta yang terdiri dari operator emis TPQ se-Kota Pekalongan.

Mengawali sambutannya Kasi Pakis Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan,  Irwan Abas didampingi Pengurus Badko Kota Pekalongan M. Zahidin membuka acara kegiatan tersebut, menyampaikan pentingnya Data Lembaga Pendidikan Keagamaan yang terjamin kelengkapan, keakuratan dan ketepatan waktunya dan selalu terupdate secara periodik sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan untuk berbagai keperluan, terutama untuk mendukung perencanaan dan pengambilan kebijakan program.

“Perubahan data dan informasi sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas data. Untuk itu selalu update data yang valid dan akurat, karena dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan pendidikan,” kata Irwan .

Dalam rangka pendataan emis Lembaga Pendidikan Keagamaan dari pendataan offline (tahun lalu) menjadi pendataan online (tahun 2017/2018) yang mana lembaga harus meng-entry dan meng-update online sendiri.

Untuk   menunjang kegiatan yang dimaksud, perlu  disampaikan langkah-langkah sebagai berikut, menginput data Form Emis tahun pelajaran 2017-2018, mendaftar sebagai anggota pengelola data Kemenag (EMIS SDM) melalui web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/,updating data oleh sumber data langsung melalui Aplikasi EMIS PONTREN berbasis web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pontren/.

Peserta selain diberikan pemahaman secara teori, pada kesempatan tersebut juga diberikan waktu untuk tanya jawab, diskusi dan juga praktek entry data Lembaga Pendidikan Keagamaan. Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Drs Irwan Abas, M. Zahidin, Muttaqin.(ms/rf).