Pendekatan Religi, Kunci Sukses Pendidikan

Rembang – Pendekatan religi merupakan salah satu pendukung suksesnya penyelenggaraan pendidikan. Untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah, guru harus selalu mengarahkan kepada peserta didik untuk mengimbangi kegiatan belajar dengan beribadah dan berdoa.

Demikian dikemukakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah ketika memberikan sambutan dalam acara Pisah Sambut Plt Kepala MAN Rembang kepada kepala MAN Rembang sebelumnya, di aula MAN Rembang, Kamis (12/10).

Menurut Atho’illah, berbagai program yang menunjang belajar siswa di madrasah perlu diadakan. Program tersebut seperti pembiasaan sholat dhuha, sholat berjamaah, dan lainnya.

“Keberhasilan menuntut ilmu memang bergantung pada kesungguhan peserta didik dalam belajar. Namun semua itu harus ditunjang dengan pendekatan kepada Yang Maha Kuasa. Insya Allah akan membawa keberhasilan dan kelancaran dalam belajar,” papar Atho’illah.

Atho’illah juga menandaskan kepada segenap guru agar menerapkan lima budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Tanggung Jawab, Keteladanan, dan Inovasi.

Kurang lebih dua bulan terakhir, memang telah diadakan program kegiatan ibadah rutin di MAN Rembang. Kegiatan tersebut seperti membaca asmaul husna sebelum dimulai pelajaran, shalat dhuha, dan sholat berjamaah.

“Kami mencetuskan ide tersebut agar anak-anak lebih termotivasi dalam belajar. Alhamdulillah semua mengikutinya dengan senang hati,” kata Shofi selaku Plt. Kepala MAN Rembang yang menggantikan Kepala MAN Rembang sebelumnya, Muhammad Yunus Anis.

Sementara Anis mengharapkan, program inovasi tersebut tetap bertahan dan menambah motivasi dan semangat siswa dalam belajar. “Kami berharap agar MAN Rembang semakin maju. Tentunya dengan dukungan segenap civitas dengan menjaga kekompakan, kebersamaan, dan kedisiplinan,” ujarnya.

Shofi ditunjuk sebagai Plt Kepala MAN Rembang menggantikan Muhammad Yunus Anis yang sedang menunaikan ibadah haji. Pisah sambut tersebut ditandai dengan pemberian kenang-kenangan dari MAN Rembang kepada Shofi yang sekarang menjabat sebagai Kepala MAN Lasem. — ss/bd