Pengabdian Masyarakat UNDIP di MAN 1 Kota Semarang

Semarang – Ahad (13/6) Salah satu kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen-dosen di kampus adalah melaksanakan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat adalah kegiatan yang berorientasi pada pelayanan masyarakat dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni terutama dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dan memajukan kesejahteraan bangsa.

Belum lama ini, tepatnya tanggal 24 Mei 2021 dosen dari Program Studi Instrumentasi dan Elektronika Universitas Diponegoro Semarang Dr. Ir. Ainie Khuriati RS, DEA dan Heri Sugito, S.Si., M.Sc. melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di MAN 1 Kota Semarang. Kegiatan diikuti oleh 16 siswa dan 4 guru MAN 1 Kota Semarang dengan melakukan pembahasan tentang Sensor Suhu Ruangan. Kegiatan ini dilakukan dengan zoom meeting.  

Pada tanggal 28 Mei 2021 kegiatan dilanjutkan secara luring di MAN 1 Kota Semarang untuk mempraktekkan materi yang telah dibahas pada saat zoom meeting. Pada kesempatan itu Dr. Ir Ainie Kuriati dan Herie Sugito, S.Si, M.Sc yang didampingi 10 asisten dengan sabar mendampingi siswa MAN 1 Kota Semarang yang sangat antusias mengikuti kegiatan.

Aris Fahkrudin menuturkan,” saya merasa senang dengan kegiatan tersebut karena dapat menambah wawasan siswa dan guru MAN 1 Kota Semarang”, tutur Aris.

Ia berharap, “kegiatan tersebut tetap dapat berlangsung untuk masa yang akan datang”, harapan Aris.

Meskipun sempat terjadi beberapa insiden seperti bahan yang terbakar, aplikasi troubel, hal tersebut tidak menyurutkan semangat siswa dan guru dalam mempraktekkan pembuatan sensor suhu ruangan dan melakukan pemprograman menggunakan aplikasi arduino.   

Dalam penutupan kegiatan pengabdian masyarakat ini, Dr. Ir. Ainie Khuriati RS, DEA   berharap, ” acara ini berlanjut  sampai semester selanjutnya” sehingga penguasaan siswa dan guru terhadap materi ini dapat terus meningkat”, pungkasnya. (Rosidi-HumasDM/bd)