Pengalaman Pertama UNBK, Butuh Ketelitian Jawab Soal

Rembang (10/4) – Lebih dari 100 siswa MAN Rembang terlihat serius ketika akan memasuki ruangan ujian pagi ini. Maklum, UN ini merupakan pengalaman kali pertama bagi sedikitnya 156 siswa kelas XII dengan sistem komputer. Tak sedikit dari mereka yang merasa grogi, meskipun sudah berulang kali mengadakan simulasi.

Sinta contohnya. Siswa kelas XII IPA ini mengaku, kendati telah mempersiapkan diri secara mental, namun sedikit grogi. Diungkapkannya, sistem komputerisasi menjadikannya harus lebih teliti dalam memahami dan menjawab soal.

“Kalau ujian kertas pensil mungkin membacanya lebih enak, karena mata tidak capek membaca. Namun kali ini dengan komputer. Semoga penglihatan saya tidak kelelahan. Selain itu kami juga harus benar-benar teliti dalam menjawab soal. Sebab sistemnya komputer,” ujar siswi berkacamata ini.

Lain lagi dengan Puspitarini, siswi kelas XII IPA 1. Ketika ditemui usai mengikuti UNBk pada sesi pertama, Rini berpendapat  soalnya relatif mudah. Namun memang ada beberapa soal yang dirasa sulit, sehingga waktu yang diberikan terkesan kurang. “Kadang butuh pemahaman yang berulang terhadap soal untuk memastikan jawaban saya tidak salah,” tukasnya.

Berbeda lagi dengan Wahyuniati. Menurutnya, semua soal relatif mudah, dan bacaannya tidak terlalu panjang. “Semoga hasilnya bisa optimal,” harap Wahyu.

Jaringan terjamin

Sinta juga sempat mengkhawatirkan, akan mengalami gangguan jaringan, seperti yang terjadi pada salah satu SMK di Rembang beberapa hari lalu. Namun hal ini sudah diantisipasi oleh teknisi MAN Rembang.

Dikatakan Kepala MAN Rembang, Muhammad Yunus Anis, pihaknya sudah menyediakan dua server utama dan cadangan. “Sudah kami online kan semua, sehingga jika jaringan mengalami gangguan, sudah langsung bisa diantisipasi dengan server cadangan,” katanya ketika mendapat kunjungan monitoring dari Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, didampingi oleh Kasubag TU, Mohammad Ali Anshory, dan Kasi Pendidikan Madrasah, Jasim, pagi tadi.

Persiapan yang sama juga dilakukan oleh MAN Lasem. UNBK yang diikuti oleh 333 siswa ini sudah disiapkan dengan 4 server utama, dan dua server cadangan. MAN Lasem menggelar UNBK sebanyak 3 sesi mulai pukul 07.30 -16.00 WIB.(ss/bd)