Pengambilan Sumpah Jabatan Penghulu, Nuril harapkan Pelayanan Nikah Lebih Optimal

Blora – pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional penghulu dan pembinaan ASN di lingkungan Kankemenag Blora oleh Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar dimana hal tersebut dimaksudkan sebagai sebuah kebutuhan organisasi, berupa mutasi jabatan, rotasi dan promosi. 15/12

Proses pelantikan penghulu tersebut disaksikan oleh seluruh ASN di lingkungan Kankemenag Blora, dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar,SH,MH, dengan saksi Drs.H.Dwiyanto,M.Ag, Drs.H. Parmono,M.Pd dan rohaniawan Drs.H.Maspuin,M.PdI dan prosesi  berlangsung dengan lancar, tertib dan hidmat.

Beberapa ASN JFU KUA  yang dilantik menjadi penghulu yang baru antara lain Mochammad Marjuki, S.Sy sebagai Penghulu KUA Kecamatan Bogorejo, Samsuri,S.Sy bertugas di KUA Kecamatan Kedungtuban, Ibnu Bazari bertugas di KUA Kecamatan Sambong, Mochammad Nurkholis bertugas di KUA Kecmatan Tunjungan dan Suyuti,SHI bertugas di KUA Kecamatan Blora 2.

Dalam pengarahannya, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan bahwa amanah yang baru dijabat tersebut hendaknya bisa dijalankan dengan sepenuh hati sesuai visi misi Kemenag blora untuk lebih mengoptimalkan pelayanan nikah di masyarakat.

Selain itu, nuril juga menandaskan bahwa hendaknya penghulu memahami dengan baik tentang fungsi dan tugasnya sesuai syariat ilmu agama karena citra Kementerian Agama yang paling urgen dan penting adalah melaksanakan proses pernikahan di KUA.

“jangan sampai ada polemik terkait gratifikasi apalagi pembagian layanan nikah sehingga kami sudah menempatkan penghulu sesuai jumlah KUA yang ada untuk pemerataan sehingga tiap KUA mempunyai penghulu untuk pelayanan nikah di masyarakat” paparnya serius.

“adapun hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah performance, etika dan sikap penghulu hendaknya baik di mata masyarakat sehingga jangan sampai terjadi pengaduan dan laporan yang negatif terhadap kinerja penghulu namun harus berupaya melakukan pelayanan prima” lanjutnya.

Untuk itu, pembinaan dan pengarahan akan dilakukan secara periodik baik oleh Kepala KUA, Kasi Bimas maupun Kepala Kankemenag Blora agar kinerja bisa lebih terukur dan tepat sasaran.

Penghulu yang baru saja dilantik, menurutnya memiliki kemampuan dan kompetensi di bidangnya masing-masing, untuk itu dalam melaksanakan tugas jabatanya harus mengedepankan etos kerja dan kinerja serta beliau berharap mereka bisa menjaga dan melaksanakan amanah yang diemban sesuai dengan sumpah dan janji yang telah mereka ucapkan dengan penuh rasa tanggung jawab dan menjaga semua kerahasiaan negara maupun kerahasiaan jabatan dan diharapkan selalu menjaga suasana kondusif di lingkunngan KUA maupun Kankemenag serta masyarakat di wilayahnya masing masing.

Adapun pola pembinaan kepegawaian di Lingkungan Kankemenag adalah sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku sehingga kebijakan yang diambil pimpinan  bukan seperti pola ormas dan lembaga yang bebas namun sesuai dengan aturan kedinasan.

Selain pelantikan penghulu baru, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima surat tugas mutasi baru bagi beberapa pejabat fungsional penghulu antara lain Ahmad Khotibul Umam,S.Ag, Abdul Kholiq, S.Sos.I,MpdI, Mohammad Fandik, SH, dan Imron,M.Ag.

“kami akan melakukan pembinaan dan manajemen pegawai sesuai kebutuhan Kemenag Blora supaya semua pelayanan bisa berjalan dengan lebih baik dan lancar”paparnya. (ima/bd)