Pengawas Adalah Mitra Kerja

Rembang – Pengawas madrasah bertugas untuk melakukan pembinaan dan penilaian kepada lembaga. Namun bukan berarti lembaga menganggap sosok pengawas sebagai pihak yang disegani. Sebaliknya, pengawas adalah mitra untuk bersama-sama memajukan lembaga pendidikan.

Demikian disampaikan oleh Pengawas RA, Abdul Aziz ketika memberikan pengarahan pada kegiatan lepas pamit RA Masyithoh yang diselenggarakan baru-baru ini di halaman RA Masyithoh, Jl. KH Bisyri Mustofa, Rembang.

Abdul Aziz mengatakan, pengawas memang bertugas untuk melakukan pemantauan terhadap lembaga. Namun pihak lembaga tidak perlu menaruh rasa takut ketika ada peninjauan dari pengawas. “Tugas kami adalah melaksanakan pembinaan kepada guru dan madrasah. Dan bersama-sama berembug sekiranya hal apa yang perlu dilakukan untuk memajukan madrasah, khususnya RA,” ujar Abdul Aziz.

Abdul Aziz berpesan kepada RA Masyithoh agar selalu meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak yang tergolong usia emas. “Pendidikan RA adalah kunci pendidikan generasi bangsa. Karena dari RA, karakter anak akan terbentuk,” imbuhnya.

Kepala RA Masyithoh, Marliyah mengatakan, tahun ini RA Masyitoh meluluskan sekitar 60 siswa. Sebagai satu-satunya lembaga RA di Kecamatan Rembang, RA Masyithoh telah menorehkan berprestasi pada beberapa lomba yang diadakan oleh beberapa lembaga.

Marliyah berharap, keberadaan RA  masih akan tetap diperhitungkan oleh masyarakat. “Di tengah kemajuan zaman di mana pendidikan moral sangat diperlukan, RA menjadi pilhan yang tepat bagi pendidikan anak-anak usia dini,” ujarnya. — ss/bd