Pengawas Harus Selalu Update terhadap Regulasi

Surakarta – Peran pengawas sangat penting bagi keberhasilan kinerja guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sehingga kualitas tenaga pendidik semakin hari semakin bertambah, dan tentunya akan berimbas terhadap keberhasilan anak didik, demikian disampaikan Kasi PAKIS, Sunarno, saat mewakili Kakankemenag Kota Surakarta dalam kegiatan Rakor Forum Silaturahmi dan Informasi (FOSISI) Pokjawas se-Solo Raya sekaligus  Halal Bi Halal di Resto Balekambang Solo, Selasa(11/7).

Untuk dapat menunjang peran penting pengawas tersebut tentunya kinerja dari pengawas harus senantiasa ditingkatkan dalam mengawasi kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di sekolah

“Kinerja pengawas sendiri tentunya harus ditingkatkan dan program-program kerja dari pengawas harus terukur sehingga apa yang diharapkan akan terlaksana dengan baik, seperti apa dan bagaimana bentuk pelaporan dan penilaian kinerja guru” papar Sunarno.

Selain itu pengawas juga harus mengetahui regulasi dan perubahan – perubahan regulasi yang terjadi sewaktu-waktu, sehingga dalam melaksanakan kegiatan kepengawasan akan selalu sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pengawas harus senantiasa update terhadap regulasi/peraturan tentang pendidikan, jangan sampai kalah dengan guru yang diawasi,” ucap Sunarno.

Pada kesempatan yang sama Ketua Fosisi Solo Raya yang sekaligus ketua Pokjawas Jawa Tengah, H.Jamsriyono menyampaikan bahwa rakor pengawas perlu digelar sebagai langkah mewujudkan pengawas yang profesional dan bermartabat.

“Melalui pertemuan seperti ini diharapkan seluruh pengawas dapat menyamakan visi dan misinya yakni mewujudkan masyarakat yang agamis, cerdas, dan mandiri, maka pengawasan pendidikan agama perlu dilakukan secara menyeluruh sesuai instrumen yang berlaku,” ujarnya.

Jamsriyono juga menekankan perlunya kerjasama seluruh stakeholder, tidak hanya diperlukan komunikasi dan intrumen tapi juga koordinasi lintas sekrotal secara baik khususnya Dinas Pendidikan, demi mendukung kinerja kepengawasan secara maksimal.

Sementara itu pada kesempatan Halal Bi Halal yang diisi tausiah oleh H. Arif Anshori yang merupakan Kepala SD Al Islam 4 Surakarta mengupas manfaat silaturahim, yaitu: Usia tidak harus panjang tetapi seberapa jauh manfaat usia kita, Rejeki tidak hanya berupa uang tetapi bisa berupa kesehatan, anak sholeh,keluarga sakinah dan lainnya.

“Manfaat silaturahmi itu berkah dan barokah yang  artinya bertambah-tambah kebaikan dan manfaatnya,” pungkas Arief. (myt-abc/Wul)