Pengawas Madrasah Pantau Penilaian Akhir Tahun (PAT) DI MTs NU 02 Gringsing

Batang – Penilaian Akhir Tahun (PAT) Madrasah di seluruh Kab. Batang serentak dilaksanakan Minggu ini,  tak terkecuali di MTs NU 02 Gringsing. Pagi ini (5/06) Madrasah itu cukup berbangga diri, karena pelaksanaan PAT Madrasah mendapat kunjungan dari Pengawas Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kab Batang.

Pengawas Madrasah H. Nafian yang langsung melihat dari dekat kegiatan PAT itu mengatakan bahwa Monitoring PAT ini untuk melihat seberapa jauh pelaksanaan PAT dilaksanakan di musim pandemi Covid 19,  juga untuk menilai pelaksanaan pembelajaran selama satu tahun pelajaran.

“ Kami hanya ingin bersilaturahmi di MTs ini, juga ingin melihat dari dekat sejauh mana pelaksanaan PAT yang sedang berlangsung, kususnya kondisi anak-anak karena hampir satu tahun terakhir kegiatan belajar mengajarnya secara daring, juga bagaimana penerapan protokol kesehatan dapat diterapkan,” kata H. Nafian.

Dia juga mengatakan kedatangan ke Madrasah ini untuk berdiskusi bersama tentang perkembangan pelaksanaan pembelajaran kedepanya. Sehingga menurutnya yang di munculkan tidak yang baik-baik saja tetapi kendala yang di hadapi Madrasah harus dicarikan solusi cerdas secepatnya. untuk itu dia meminta kepada seluruh guru untuk menginventarisir kendala yang dihadapi ketika melaksanakan program pembelajaran di lapangan.

“ Silahkan Kepala Madrasah bersama para guru untuk menginventarisir semua persoalan dan permasalahan yang muncul saat pelaksanaan PAT, semua temuan itu nanti kita akan diskusikan bersama untuk mencari solusi yang tepat,” tegasnya.

Sementara itu Kepala MTs. NU 02 Gringsing Arifudin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kerawuhan bapak pengawas. Pihaknya merasa diperhatikan dengan kedatangannya, semoga membawa pencerahan terhadap kemajuan pembelajaran di MTs NU 02 Gringsing. Paling tidak ada pembinaan agar dapat dijadikan rujukan untuk penyelenggaraan pendidikan yang lebih berkualitas lagi.

“Kami menyampaikan terimakasih atas perhatian dari pengawas, semoga apa yang disampaikan pada madrasah ini akan dapat memacu kami menuju lebih baik lagi sehingga madrasah kedepan akan lebih baik,” kata Arifudin.

Dia juga menyampaikan madrasah akan berusaha agar semua kegiatan yang mempunyai nilai kebaikan di madrasah mulai sekarang akan kita publikasikan agar teman-teman sesama pengelola Madrasah dapat saling support dan saling membantu untuk maju bersama-sama membangun pendidikan yang lebih baik di lingkungan kita masing masing.

Salah seorang pendidik MTs NU 02 Gringing Ahmad Rosidin mengatakan bahwa kedatangan Pengawas dalam rangka monitoring PAT Madrasah kali ini benar-benar membawa angin segar, pasalnya madrasah yang baik adalah madrasah yang mau dan mampu memberikan layanan pendidikan secara kreatif, inovatif dan harus segera dilaksanakan. Semua guru harus terpacu untuk berkreativitas sesuai dengan tupoksi masing-masing dan harus mampu berinovasi di zaman digital seperti ini maka Pembelajaran di dalam maupun diluar kelas harus mengaitkan tehnologi.

“ Sebagai wujud keseriusan kami di madrasah, mulai saat ini akan mempublish semua kegiatan kami, sehingga kami di kenal banyak orang dan Madrasah bukan menjadi pilihan kedua setelah sekolah, kami harus berusaha menjadi madrasah hebat bermartabat bukan tidak mungkin kami raih jika kami sudah mulai bergerak dan mulai memperkenalkan diri ke dunia luar,”pungkasnya. (Rosidin, siswo, zy)