Penghargaan untuk Duta Baca di Akhir Semester

Purbalingga – Dalam upaya peningkatan minat baca siswa, Perpustakaan MIN 3 Purbalingga memberikan penghargaan kepada 6 siswa sebagai Duta Baca. Kegiatan penyerahan penghargaan  tersebut dilakukan di Ruang Perpustakaan MIN 3 Purbalingga, Rabu (12/12). Pustakawan MIN 3 Purbalingga, Emi Minarni  menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan setelah Penilaian Akhir Semester berlangsung.

“Penghargaan diberikan kepada siswa-siswi yang paling sering berkunjung/memanfaatkan perpustakaan, baik untuk kepentingan edukasi, membaca maupun meminjam buku. Penghargaan disampaikan oleh Wakil Kepala Madrasah sekaligus Koordinator Perpustakaan, Teguh Pramono,” jelas Emi.

Ia menambahkan, siswa yang terpilih menjadi Duta Baca diambil 1 anak dari setiap tingkatan kelasnya. Hal ini bertujuan untuk memotivasi teman dalam kelasnya untuk berlomba-lomba mengunjungi perpustakaan. Siswa penerima penghargaan tersebut adalah Asyila Zamzani Santika (I C), Muhammad Nur Kavin(II A), Qinan Ayu Zulaikha (III A), Fadila Rahma Lutfiati(IV A), Akhsan Febrian (V C), dan Zahra Nur Fadila (VI B).

Wakil Kepala Madrasah, Teguh Pramono dalam sambutannya berpesan kepada semua Duta Baca agar  mempertahaankan budaya gemar membaca.

“Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi dan sumber belajar diharapkan dapat mendorong terbentuknya generasi-generasi yang mempunyai budaya membaca dan belajar sepanjang hayat sehingga dapat mewujudkan kehidupan bangsa yang cerdas, berkarakter serta peradaban yang bermartabat” pesannya.

Memberi Support

Salah satu penerima penghargaan, Fadila Rahma Lutfiati (IVA) menyatakan gembira memperoleh sebuah bingkisan penghargaan dari keaktifannya membaca buku-buku perpustakaan. Menurutnya ia akan rajin memberikan support kepada temen-temannya untuk terus membaca dan meminjam buku di perpustakaan. (emi_sar/gt)