Penghargaan untuk Siswa Berprestasi MAN Kebumen 1

Kebumen –MAN Kebumen 1 memberikan penghargaan kepada siswa dan guru pembina/pendamping yang meraih prestasi di bidangnya. Penghargaan berbentuk uang itu diserahkan Senin (3/4) di halaman Madrasah usai pelaksanaan upacara bendera dengan besaran nominal variatif sesuai dengan peringkatnya.

Dalam amanatnya Kepala Kepala MAN Kebumen 1 H Moh Dawamudin, memberikan ulasan sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW ke shidratul muntaha, menerima perintah  wahyu sholat 5 waktu dengan berbagai upaya perjuangan Nabi untuk perlu diteladani oleh para siswa dan guru sehingga bisa membuahkan hasil yang bermanfaat bagi umat.

“Tidak cara lain untuk meraih kesuksesan dunia dan akherat kecuali dengan jalan yang diajarkan Nabi Muhammad, ” Kata Dawam.

Diantara ajaran Nabi yang perlu diteladani adalah kebiasaan Nabi memberikan penghargaan kepada siapapun yang sudah mampu berbuat kabaikan dan menorehkan prestasi, sebagai bentuk nyata implementasi ajaran Nabi tersebut MAN 1 Kebumen menyampaikan bantuan kepada siswanya yang berprestasi.

Menurutn Dawamudin tujuan pemberian penghargaan adalah untuk memotivasi para siswa dan guru agar lebih giat belajar dan kreatif mengembangkan potensi yang dimiliki sekolah.

“Saya yakin langkah pemberian penghargaan ini akan menjadi dorongan tersendiri untuk meraih prestasi,” Yakinnya.

Disisi lain Kepala Madrasah juga mengingatkan agar para siswa-siswi kelas XII benar-benar mempersiapkan diri menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang akan dilaksanakan mulai hari Senin s/d Kamis tanggal 10 s/d 13 April 2017.

Menurutnya, terobosan yang ditempuh MAN Kebumen 1 dalam rangka meningkatkan kualitas hasil UNBK, akan menjaring peringkat 30% terbawah berdasarkan nilai komulatif Nilai TUC (Tes Uji Coba).

Iklim kompetisi yang sehat perlu dibangun untuk meningkatkan prestasi siswa sehingga peran guru menjadi sangat penting. “Untuk itu kita juga membutuhkan tenaga guru yang cakap dan kreatif agar bisa mencetak siswa yang bisa berprestasi di bidangnya,”pungkas Dawamudin.(th/pt/Af)