Penghulu Dan Penyuluh Agama Ikuti Desimasi Keluarga Berencana

Brebes – Dalam rangka meningkatkan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga bagi penghulu dan penyuluh agama islam dilingkungan Kankemenag, maka Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayan Perempuan ( DP 3 KB )Kab Brebes melalui Kementerian Agama setempat untuk memberikan konsep dan pengetahuan kependudukan bagi Penyuluh Agama Funsional dan Penghulu  di Kab Brebes.

Penyampaian konsep kependudukan itu melalui orientasi atau diseminasi Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga,diikuti sebayak 25  orang yang dilaksanakan di Aula Kan Kemenag Kabupaten Brebes Kamis, ( 04/05). Juga di hadiri Kepala Kankemenag Kab Brebes dan Kasi Bimas Islam .

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayan Perempuan ( DP 3 KB )Kab Brebes, Isti dalam membuka acara mengatakan bahwa kegiatan orientasi ini untuk meningkatkan peran serta Penyuluh Agama dalam meningkatkan sikap dan keterampilan bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat sehingga mampu memberikan penyuluhan secara luas.

“Dimana peran penyuluh juga dibutuhkan dalam upaya pendewasaan usia perkawinan. Hal ini amat berkait erat dengan kegiatan mensukseskan upaya BKKBN,” kata Isti.

Penyuluh Agama juga harus memahami kebijakan BKKBN sehingga menjelaskan dengan baik, memiliki wawasan KB dengan mengedapankan sikap yang mampu mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Peran Kemenag dalam menyikapi Keluarga Berencana (KB) yang diprogramkan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. “Ajaran islam membenarkan KB untuk meningkatkan pembentukan keluarga menjaga kesehatan ibu anak,agar kualitas keturunan terjaga serta dapat mewujudkan keluarga sakinah menurut islam, yang penting tidak melawan hukum agama , Undang-undang dan Moral Pancasila.

Sementara itu, dalam sambutannya Imam Hidayat, mengharapkan daerah Brebes termasuk daerah yang jumlah pernikahan setiap tahunnya bisa mencapai 20 ribu bahkan duapuluh dua ribuan.” Sementara tingkat perceraian pada tiap tiap tahun di Kab Brebes mencapai lima ribu kasus, oleh karena itu pendekatan penekanan dalam sisi agama lewat Penyuluh dan penghulu akan sangat berpengaruh dan efektif, makanya kerja sama lintas sektor ini merupakan salah satu keseriusan dari DP 3 KB dan Kemenag dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kab Brebes,” ungkapnya. ( oim/rf).