Penguatan FKUB Jawa Tengah

Temanggung – FKUB Jawa Tengah bersama Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Selasa (06/11) bertempat di RM. Omah Kebon Temanggung menyelenggarakan acara Penguatan FKUB Jawa Tengah.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pengurus FKUB Kabupaten Temanggung, para pemuda lintas agama Kabupaten Temanggung, Kota Magelang dan Kabupaten Wonosobo tersebut dibuka oleh Dra. Atik Surniati, Kabid Ketahanan Bangsa Kesbangpol mewakili Ketua Badan Kesbangpol Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Dra. Atik Surniati, menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan penguatan dan persamaan persepsi di kalangan pemuda lintas agama terkait berbagai persoalan yang muncul di Indonesia yang berpotensi menimbulkan keretakan dalam masyarakat.

“Kita ingin para pemuda lintas agama cerdas dan bijak dalam menyikapi dinamika kehidupan demokrasi terutama menjelang Pileg dan Pilpres, sehingga tidak mudah diadu domba oleh pihak yang ingin membuat kekacauan,” kata Atik Surniati.

Dalam kegiatan tersebut juga diadakan diskusi panel dimoderatori Pdt. Supriyadi, dengan beberapa narasumber, diantaranya, Drs. Taslim Syahlan, M.SI, dengan materi “Strategi FKUB Jawa Tengah dalam Penguatan Kelembagaan GM – FKUB di Jawa Tengah”. Iman Fadlilah, MSI, dengan materi “Kepemimpinan Generasi Muda dalam Menyikapi Konflik Keagamaan dan Moderasi Beragama” dan Drs. Nur Makhsun, MSI, dengan materi “Penguatan Partisipasi Generasi Muda dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama”.

Sementara itu, KH.Faizun, Ketua FKUB Kabupaten Temanggung dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini di Temanggung. Harapanya agar mampu menginspirasi  para pemuda lintas agama untuk dapat merawat keberagaman sekaligus memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Di tempat yang sama, Drs. H. Taslim Syahlan M.SI, sekretaris FKUB Jawa Tengah menjelaskan, bahwa FKUB mempunyai komitmen  untuk mengedepankan dialog lintas agama sebagai bagian dari upaya menciptakan kerukunan umat beragama.

“FKUB  di tiap Kabupaten membentuk Gerakan Pemuda FKUB sebagai wadah berinteraksinya para pemuda lintas agama untuk mengadakan dialog, komunikasi dan koordinasi guna mendukung peran FKUB untuk menciptakan kehidupan yang harnoni di tengah kemajemukan,” jelas Taslim Syahlan.

Di akhir kegiatan tersebut diadakan pembentukan GEMA FKUB di tiga Kabupaten dan Kota yang mengikuti kegiatan penguatan tersebut.(sr-nm/sua)