Penguatan Komite Dan Wali Murid Dalam Pengembangan Madrasah

Temanggung- Komite Madrasah sesuai dengan Permendikbud no 75 tahun 2016 berperan memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan, terkait, pertama, kebijakan dan program madrasah, penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah/rencana kerja dan anggaran sekolah (RAPBS/RKAS), kriteria kinerja sekolah, kriteria fasilitas pendidikan di madrasah, kriteria kerja sama sekolah dengan pihak lain.

Demikian disampaikan Nur Makhsun pengawas Madrasah Kecamatan Pringsurat ketika memberikan materi dihadapan para komite dan wali murid di MI Nurul Huda Gowak Pringsurat .

Selanjutnya dijelaskan bahwa peran komite yang kedua, adalah menggalang dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat baik perorangan/organisasi/dunia usaha/dunia industri maupun pemangku kepentingan lainnya melalui upaya kreatif. Ketiga, mengawasi pelayanan pendidikan di madrasah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan keempat, menindaklanjuti keluhan, saran, kritik dan apresiasi dari peserta didik, orang tua/wali murid, dan masyarakat serta hasil pengamatan komite madrasah atas kinerja pengelola madrasah.

Kegiatan yang berlangsung hari Rabu (28/2) itu dihadiri seluruh Pengurus komiite dan wali murid sebagai tali sillaturrahmi keluarga besar MI Nurul Huda Gowak Pringsurat dengan wali murid.

Lebih lanjut Nur Makhsun mengatakan,  “kepada orang tua siswa, saya sangat berharap agar dirumah siswa-siswi ini dilatih untuk belajar mengaji, karena disekolah sifatnya mengulang, jadi akan lebih baik jika dirumah mereka juga belajar untuk mengaji agar kedepannya siswa-siswi lancar mengaji”, dan harapan kami kepada seluruh wali murid untuk bersedia selalu bekerjasama menjaga nama baik madrasah serta membimbing putra-putri tercinta dalam kelancaran proses KBM”.ungkapnya.

Harapan juga disampaikan ketua komite MI Nurul Huda yang sangat mendukung kegiatan yang direncanakan oleh pihak Madrasah ”saya selaku komite Madrasah mendukung kegiatan yang dilaksanakan karena sangat berguna untuk kemajuan  Madrasah dan siswa-siswi,”ungkapnya”.(nm/sr)