Penguatan Moderasi Beragama Untuk NKRI Kokoh dan Tangguh

Ungaran – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang menyelenggarakan kegiatan Dialog Kerukunan Umat Beragama Tahun 2021 bertajuk “Dengan Semangat Moderasi Beragama, Kita Bangun Kebersamaan Umat Beragama Untuk Indonesia Maju dan Sehat, Bebas dari Covid-19” di Aula MAN 2 Semarang, Kamis, (3/6).

Peserta kegiatan berjumlah 45 orang, perwakilan dari 6 unsur Agama yang ada di Indonesia yakni Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu dan Konghucu dengan mendatangkan narasumber ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah, Taslim Syahlan dan praktisi akademisi, Agus Waluyo.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Nurudin menyampaikan bahwa kegiatan Dialog Kerukunan Umat Beragama sudah seharusnya menjadi titik awal penguatan moderasi beragama di Kabupaten Semarang.

“Kalau tahun 2020, Salatiga memperoleh penghargaan sebagai kota tertoleran di Indonesia dan Kota Semarang memperoleh penghargaan Harmoni, maka setidaknya masyarakat Kabupaten Semarang bisa memaknai perbedaan dan keberagaman sebagai kodrat sekaligus sunnatullah,” kata Nurudin.

Nurudin juga menyampaikan bahwa tantangan dalam penguatan kerukunan umat beragama di masyarakat tentu sangatlah banyak. Namun demikian dengan adanya sinergitas, solidaritas, integritas dan kedewasaan antar pemeluk agama yang ada, dirinya optimis akan tercipta keharmonisan dalam hidup beragama sebagai upaya menciptakan NKRI yang kokoh dan tangguh.

“Semua berawal dari diri pribadi kita masing-masing. Kalau kita bisa memposisikan diri dengan baik di masyarakat, punya simpati, empati dan mau bekerjasama dengan orang lain meski tak seiman, Insya Allah hal itu pulalah yang akan menjadi modal dasar perekat kebersamaan ummat di negara tercinta ini,” pungkasnya.(shl/Sua)