Pengukuhan Pengurus KKG PAI SD Wonosobo

Wonosobo – Bertempat di Hall room wisma Nusantara Wonosobo, pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG)  Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Wonosobo periode 2021-2025 dikukuhkan oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo yang diwakili oleh Kasubag TU Kankemanag Kab. Wonosobo , Mahbub. Selasa (14/9).

Hadir dalam acara ini yakni Kristijadi selaku Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Wonosobo, Fakih Khusni selaki Kasi PAIS Kankemenag Kab. Wonosobo, para pengawas PAI, dan pengurus KKG PAI Kecamatan se Kabupaten Wonosobo. Sementara itu, Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, berhalangan hadir lantaran dinas luar kota.

Mengetahui adanya kegiatan tersebut, Ahmad Farid melalui via telfon menyampaikan, Pengukuhan pengurus KKG PAI harus dioptimalkan sebagai wadah menjalin koordinasi dan komunikasi tentang proses pembelajaran antara Guru PAI se Kabupaten Wonosobo,

“adanya KKG PAI tentu tidak lepas dari niat yang tulus dari semua anggota untuk turut andil dalam dunia pendidikan utamanya Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter anak didik. Jadi dalam forum ini para guru bisa saling membagi pengalaman dan metode pengajarannya,” kata Farid.

Menurut data yang ada, ketersediaan jumlah guru PAI tingkat TK sebanyak 66 orang se Kabupaten Wonosobo, tingkat SD yakni 451 Orang, tingkat SMP 158 Orang, Tingkat SMA 33 Orang, dan Tingkat SMK 59.

Fakih Khusni menyampaikan, ketersediaan jumlah guru PAI masih dirasa kurang lantaran dibeberapa satuan pendidikan masih mengalami kekosongan guru PAI, “kekosongan hampir ada disetiap tingkat terutama di tingkat SD ada beberapa satuan pendidikan yang masih kosong. Persoalan ini nanti kita bahas bersama untuk ditemukan solusinya,” kata Fakih.

Ia juga mengatakan terkait persoalan tersebut, pihkanya telah mengupayakan berkoordinasi dengan Pemda Wonosobo melalui bagian kesra maupun dengan Disdikpor secara bertahap.

Senada dengan Fakih Khusni, ketua KKG PAI Wonosobo Edi Rohani dalam sambutannya berharap agar persoalan kekurangan guru PAI ini segera mendapat jalan keluar dan solusi dari para pihak yang berkepentinga, “kami berharap ada sinergi antar pemangku kepentingan karena kerjasama, kolaborasi dan saling dialog antar pemangku kebijakan itu dirasa penting untuk menemukan solusi,” pungkasnya.

Usai acara pengukuhan, dilanjutkan penandatanganan MoU antara KKG PAI Kabupaten Wonosobo dengan CV Jaya Madina. Ps-ws