Pengumuman PPDB MTsN Surakarta 1

Surakarta – Pengumuman PPDB MTsN Surakarta 1 tahap 1 dilaksanakan Sabtu (2/3), di gedung 2 MTsN Surakarta 1. Sedianya pengambilan pengumuman hasil seleksi PPDB akan dilayani pada pukul 10.00. Akan tetapi, pada pukul 09.00 calon wali siswa sudah banyak berdatangan. Mereka berharap-harap cemas, tidak sabar menanti pengumuman. Akhirnya, sebelum pukul 10.00 panitia PPDB sudah melayani pengambilan pengumuman.

Pengumuman PPDB MTsN Surakarta 1 dibuat secara offline yakni calon wali murid mengambil langsung hasil tes seleksi yang diadakan pada Ahad (24/2/19). Satu panitia melayani 50 wali pendaftar yang hendak mengambil pengumuman. “Sengaja kami buat seperti ini agar pengambilan pengumuman berjalan tertib dan lancar. Satu orang panitia melayani 50 orang. Total meja yang kami siapkan ada 14 karena pendaftar PPDB tahap 1 ini hampir 700 orang,“ jelas Joko Sutopo, Sekretaris Panitia PPDB. “Pengambilan pengumuman dilayani sampai dengan pukul 14.30,“ tambahnya.

“Monggo, Bu, dibuka dulu amplopnya. Biar nanti kami jelaskan berkaitan dengan hasil pengumuman tersebut. Alhamdulillah, putri Ibu diterima di program Full Day karena peringkat  114. Peringkat 1 sampai dengan 96 diterima di Program Khusus (PK), sedangkan peringkat 97 sampai 186 di FD,“ tutur Sri Innayati, Panitia PPDB, saat melayani pengambilan pengumuman oleh calon wali siswa.

“Yah… putri saya tidak diterima. Padahal putri saya ingin sekali bersekolah di sini,“ tutur Namira, calon wali siswa dari SD Djama’atul Ichwan. “Trus, untuk program regular, kapan PPDB-nya? Biar nanti anak saya ikut yang reguler saja,“ tanyanya sambil berkaca-kaca karena putrinya tidak diterima melalui seleksi PPDB tahap 1 ini.

Haru dan bahagia mewarnai pengumaman PPDB MTsN Surakarta 1. Ada tangis haru dan bahagia serta sujud syukur yang dilakukan calon wali siswa begitu mengetahui putra-putrinya diterima. Tidak sedikit pula yang menangis sedih dan kecewa karena putra-putrinya tidak lolos seleksi. “Mungkin karena kemarin anak saya dalam kondisi yang tidak fit sewaktu mengerjakan soal-soal seleksi PPDB. Padahal, biasanya kalau try out di sekolah hasilnya selalu bagus,“ tutur Widia, wali siswa SDII Al Abidin.

“Pendaftar yang lolos seleksi diwajibkan konfirmasi atas kesediannya menjadi siswa MTsN Surakarta 1 atau daftar ulang pada 2-6 Maret 2019. Kami tunggu sampai Rabu (6/3/19), jika tidak konfirmasi maka dianggap mengundurkan diri dan diisi oleh cadangan,“ jelas Mariana Wahyu Anggareni, bendahara PPDB.

Selain meja-meja pelayanan pengambilan pengumuman seleksi PPDB, terlihat pula meja-meja yang ditata rapi untuk sekolah-sekolah lain. “Kami juga menyiapkan meja untuk sekolah lain yang akan membuka info pendaftaran untuk sekolah mereka. Mereka berharap agar pendaftar yang tidak diterima di MTsN Surakarta 1 mau mendaftar ke sekolah mereka,“ jelas Joko. Sekolah-sekolah yang membuka info pendaftaran diantaranya, MTsN Surakarta 2, SMP Muhammadiyah 5, SMP Batik 1, dan SMP Muhammadiyah 4.

Sehari sebelum pengumuman atau pada Jumat (1/3/19) seluruh panitia PPDB lembur sampai pukul 21.00 mengerjakan berkas pengumuman yang akan disampaikan. Bagi pendaftar yang diterima, berkas pendaftaran yang berupa fotokopi rapor dari kelas 4 sampai dengan kelas 6 semester 1, NISN, dan akte tidak dikembalikan. Sebaliknya, semua berkas pendaftar yang tidak diterima dikembalikan. Semoga seleksi PPDB ini benar-benar menghasilkan siswa-siswi yang hebat untuk mewujudkan madrasah yang bermartabat. (diana-kristanti/bd)