Pengurus Perwakilan BWI Kabupaten Wonogiri Masa Jabatan 2019 – 2022 di Lantik

Wonogiri – Pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) perwakilan Kabupaten Wonogiri masa bakti 2018-2021 resmi dilantik oleh Wakil BWI Provinsi Jawa Tengah, Musman Tholib, Senin (25/05/03) di pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Pelantikan disaksikan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Wakil Bupati Edi Santosa jajaran Forkompinda, Kepala Kemenag Wonogiri Subadi, Kepala BPN Wonogiri, ketua ormas keagamaan, Camat se Kab. Wonogiri serta Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Pelaksana BWI Pusat dengan No. 040/BWI/P-BWI/2019 tentang penetapan pengurus BWI Kabupaten Wonogiri.

Wakil Ketua BWI Jawa Tengah, Musman Tholib, mewakili ketua perwakilan Badan Wakaf Indonesia Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa Lembaga BWI dibentuk berdasarkan UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, bersifat independen dalam mengurus, mengelola serta melakukan pembinaan terhadap semua hal yang menyangkut perwakafan.

“Oleh amanat Undang-undang tersebut, sehingga Kementerian Agama yang mempunyai tugas dan fungsinya di bidang tersebut melakukan pembentukan BWI mulai dari tingkat Pusat sampai ke daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota,” tegas Musman Tholib.

Sementara itu dalam sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Subadi mengharapkan, dengan adanya BWI ini, aset wakaf yang merupakan potensi besar umat Islam dapat dikembangkan secara produktif di Kabupaten Wonogiri, karena salah satu tugas BWI adalah melakukan pembinaan terhadap nazhir (pengelola aset wakaf) dalam mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf.

“BWI dibentuk bukan untuk mengambil alih aset-aset wakaf yang selama ini dikelola oleh nazhir (pengelola aset wakaf) yang sudah ada. BWI hadir untuk membina nazhir agar aset wakaf dikelola lebih baik dan lebih produktif sehingga bisa memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat, baik dalam bentuk pelayanan sosial, pemberdayaan ekonomi, maupun pembangunan infrastruktur publik,” ucap Subadi.

Sedangkan Bupati Wonogiri dalam Sambutan yang di bacakan oleh Wakil Bupati, Edi santosa, berharap kepada pengurus BWI yang sudah dilantik bisa dengan amanah dan saling support antar pengurus dalam dalam menjalankan organisasi.

“Kami berharap, dengan sinergitas yang baik ini kebijakan pemerintah bisa selaras bersama-sama bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga tercipta harmonisasi,” pungkas Bupati.(Mursyid-heri/Sua).