Penilaian Sekolah Adiwiyata di MIN Slarang Kidul

Slawi – Adiwiyata merupakan salah satu program dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang menyasar Sekolah atau Madrasah yang mempunyai komitmen terhadap upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Nantinya Sekolah atau Madrasah yang memenuhi kriteria berhak untuk menyandang Sekolah atau Madrasah Adiwiyata. MIN Slarang Kidul merupakan Madrasah satu–satunya di Kabupaten Tegal yang mengikuti program Adiwiyata yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal,di Aula MIN Slarang Kidul Selasa (31/10).

 Penilaian Sekolah/Madrasah adiwiyata oleh Tim Penilai dari DLH Kabupaten Tegal yang dipimpin langsung oleh Kepala DLH Kabupaten Tegal Agus Subagyo dan dihadiri Kepala seksi Pendidikan Madrasah KanKemenag Kabupaten Tegal Kasori.  Rangkaian acara  dimulai dengan penyambutan Tim Penilai dengan nyayian mars adiwiyata MIN Slarang Kidul yang dibawakan oleh siswa–siswi MIN Slarang Kidul.

Dalam sambutanya, Agus Subagyo memberikan apresiasi atas nama pemerintah Kab. Tegal kepada MIN Slarang Kidul, karena telah mengikuti program Madrasah Adiwiyata. Agus juga berharap agar dapat menjadi inspirasi Madrasah yang lain agar dapat mengikuti program Adiwiyata.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tegal saya memberikan Apresiasi pada MIN Slarang Kidul karena telah melaksanakan Program Adiwiyata dan semoga bisa menginspirasi Madrasah yang lain agar dapat mengikuti Adiwiyata juga,” ungkap Agus.

Dalam penilaian Sekolah/Madarsah Adiwiyata ada empat aspek yang dinilai diantaranya, kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

“Calon Sekolah/Madrasah Adiwiyata harus memenuhi empat aspek adiwiyata, dimana setiap aspek sudah terdapat pencapaian yang harus dicapai oleh calon Sekolah/Madrasah Adiwiyata. Nanti Tim penilai yang saya bawa, akan mengecek secara langsung baik administrasi ataupun dilapangan,“ tambah Agus.

Dalam kesempatan yang sama Kasi Penmad Kab.Tegal juga menyampaikan bahwa Kementerian Agama dalam hal ini Madrasah, siap mendukung program yang dicanangkan Pemerintah, termasuk adiwiyata.

“Kementerian Agama siap mendukung program Pemerintah, termasuk didalamnya adiwiyata. Madrasah kami, MIN Slarang Kidul tahun ini juga mengikuti program Adiwiyata dan mudah – mudahan penilaian ini mendapatkan nilai maksimal dan menjadi Madrasah Perintis Adiwiyata,” kata Kasori. (ma/za/rf)