Peningkatan Kinerja Guru Pasraman, Wujudkan Tata Kelola Pasraman Unggul dan Bermutu

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten melalui Penyelenggara Hindu menggelar kegiatan Peningkatan Kinerja Guru Pasraman Sekolah Minggu Kabupaten Klaten Tahun 2021 selama dua hari 7-8 Mei 2021 bertempat di Hotel Galuh Prambanan yang diikuti oleh 40 guru pasraman se Kabupaten Klaten dengan prokes, Jumat, (7/5).

Kegiatan ini turut di hadiri Ketua Parisada Hindu Dharma  Indonesia (PHDI) Kabupaten Klaten, Penyelenggara Hindu dan Kasubbag TU Kemenag Klaten.

Kasubag TU Kemenag Klaten Sudarsana dalam pembukaannya mengatakan, apresiasi setinggi-tingginya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, yang sangat bagus dalam rangka meningkatkan kualitas para guru pasraman di Klaten ini.

“Agenda peningkatan kinerja guru pasraman seperti ini sebagai upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan tata kelola pasraman yang unggul dan bermutu,” tandas Sudarsana.

Selain itu sebagai media silaturahmi dan untuk menambah pengetahuan, kerjasama dan sharing materi dan permasalahan yang dialami, silahkan berbagi informasi dan didiskusikan.

“Kepada guru pasraman sekolah minggu untuk semangat dalam mengabdi dan melaksanakan tugas sebagai pendidik dengan penuh tanggugnjawab dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara sungguh-sungguh guna mendapatkan pengetahuan dan saling berbagi pengalaman,” pinta Kasubbag TU.

Selanjutnya penyelenggara Hindu Kemenag Klaten, Suyamto menambahkan, para peserta yang sebagian besar merupakan tenaga pengajar muda memanfaatkan momentum ini guna meningkatkan kompetensi dan dapat membawa ilmu yang didapat di tempat tugas masing-masing.

“Semoga kegiatan ini memberi manfaat tidak hanya silaturahmi guru pasraman tetapi dapat membawa ilmu dan meningkatkan kompetensi kita bagi kemajuan pasraman Sekolah Minggu yang moderat dan unggul,” tegas Suyamto.

Pasraman adalah lembaga pendidikan khusus bidang Agama Hindu, berfungsi mempersiapkan siswa siswi untuk menjadi anggota masyarakat yang memahami konsep ajaran agama hindu dan filsafat serta mampu mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Hindu dalam kehidupan sehari hari.(ha_aj/Sua)