Peningkatan Kompetensi Pengelolaan BOS Pada Madrasah

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melalui  Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kab Brebes yang dimotori Kelompok Kerja Madarasah melaksanakan Sosialisasi peningkatan Kompetensi Pengelolaan BOS,  di aula Kantor Kementerian Agama  Kab Brebes, (13/02) sampai ( 14/02 ).

Sosialisasi peningkatan kompetensi pengelolaan BOS, diikuti oleh perwakilan Madrasah yang ada dibawah naungan Kemenag Kab Brebes . meliputi  perwakilan dari  Madrasah Ibtidaiyah 214 peserta, perwakilan dari Madrasah Tsanawiyah 99 peserta,serta perwakilann dari  Madrasah Aliyah 29 peserta.

 Ketua panitia kelompok kerja madrasah  Tobari   dalam  laporannya mengatakan, maksud dan tujuan diadakan sosialisasi peningkatan pengelolaan BOS karena   banyaknya kendala teknis dalam laporan pertanggungjawaban keuangan, dengan serapan  dana BOS tahun 2016 hanya mampu terserap 82 %, dengan diadakann  kegiatan ini harapannya dana BOS pada tahun ini  bisa terserap 100%, katanya.

Mengawali sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes   Imam Hidayat memberikan pembekalan  kepada peserta sosialisasi peningkatan pengelolaan BOS,  hendaknya perwakilan madrasah yang ada dibawah naungan Kan Kemenag Kabupaten Brebes, senantiasa berhati hati dalam penggunaan dana tersebut, pahami juknisnya , sehingga hasil laporan akan baik dan berkualitas , karena dana BOS itu mudah digunakan tetapi berat dalam pelaporan.

Diakhir acara dilanjutkan dengan materi manajemen BOS dengan narasumber Ahmad Suaedi, dalam menyampaikan materi mengatakan,  untuk tahun 2017 pencairan dana BOS digelontorkan setahun dua kali , tidak sebagaimana tahun 2016  yang dicairkan sampai empat kali , hal ini untuk lebih mudah dalam pembuatan laporan pencairan dan lebih fokus bagi madarsah yang memang masih memperbantukan guru sebagi bendahara BOS, tegasnya. (oim/met/rf).