Pensiun Masa Yang Menyenangkan

Pati – Rapat Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kementerian Agama Kab. Pati, dengan tema menghadapi purna tugas yang dilaksanakan di ruang pokjawas Kankemeag Kab Pati tanggal 17/2 dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Akhmad Mundakir. Di ikuti oleh 41 pengawas se Kabupaten Pati.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Akhmad Mundakir dalam sambutannya mengatakan “masa pensiun bukanlah masa yang perlu ditakuti oleh kita semua, sebab siapapun kita, apapun jabatan kita. Tentunya akan sampai pada masa dimana kita harus rela melepaskan semua posisi dan kegiatan kita tersebut sebagai bagian dari regenerasi dan siklus kehidupan kita”.

Beliau juga meyampaikan perlunya persiapan yang matang dalam menghadapi pensiun, baik menyangkut persiapan mental, pola pikir, pola hidup yang sehat, perencanaan keuangan dan sebagainya. “Dengan demikian diharapkan masa pensiun tetap akan menjadi masa yang menyenangkan.” Pesan Mundakir mengakhiri sambutan arahannya.

Mundakir menambahkan, satu hal yang perlu kita tanamkan dalam diri kita adalah pensiun bukanlah masa akhir segalanya, justru harus dijadikan sebagai starting point bagi suatu proses perubahan status dan ruang pengabdian dari ruang pengabdian di birokrasi kembali kepada pengabdian dalam ruang yang lebih luas pada masyarakat dan keluarga.

Terkait dengan masa Purnatugas Ketua Pokjawas Ahmad Syaiku menambahkan untuk mencapai masa pensiun, sesungguhnya suatu prestasi dan karunia dari Allah SWT yang harus di syukuri karena tidak semua Aparatus Sipil Negara (PNS) dapat memperolehnya, banyak rintangan dan hambatan yang menghadang dalam meniti karier sebagai ASN. Tidak sedikit ASN yang berhenti  di tengah jalan dalam pengabdiannya, dengan berbagai sebab sehingga dikeluarkan sebagai ASN, Oleh karenanya sampai pada masa pensiun merupakan cita-cita dan dambaan bagi setiap ASN.

Di akhir acara penyerahan cinderamata dan tali asih purna tugas dari Pokjawas kepada 3 (tiga) pengawas agama yang memasuki masa purna tugas TMT 1 Maret 2017 yaitu Salim, Fadloli dan shodiq Asnawi, serta diakhiri dengan ramah tamah bersama. (Athi’/bd)