Pentas PAIS Merupakan Syiar dan Dakwah Islam

Grobogan – Ratusan siswa dari tingkat SD, SMP, SMA/ SMK se-Kabupaten Grobogan berlomba menjadi yang terbaik. Kesempatan itu, dilakukan dalam Ajang Seleksi Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwodadi, Minggu (06/08).

Dalam laporan Ketua Panitia, Plt Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam yang diwakili Pengevaluasi Tenaga Pendidikan PAIS Slamet Silarang memaparkan, acara yang diikuti sebanyak 160 peserta putra dan putri dari tingkat SD,SMP dan SMA/ SMK se Kabupaten Grobogan. “Ada delapan cabang seni yang dilombakan sekarang. Mulai dari Kaligrafi, Pidato PAI, MTQ dan MHQ,” kata Slamet.

Pelaksanaan Ajang Seleksi Pentas PAI, sebagai tujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan bagi peserta, memperkokoh niat dan sikap dalam mewujudkan bangsa yang berkarakter, terutama bagi generasi muda. Disamping itu juga, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada peserta didik supaya lebih bersemangat mempelajari dan mencintai pelajaran pendidikan agama Islam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan yang diwakili Plt Kasi PAIS Mat Said menyampaikan, acara yang dilakukan selama satu hari penuh diharapkan berjalan lancar, dan untuk dewan juri dalam menyeleksi agar bertindak adil dan tidak pandang bulu. “Pilih yang terbaik, untuk mewakili Kabupaten ke tingkat Provinsi,” pinta Said.

Ditambahkan, Pentas PAIS  sebagai ajang kompetisi seni dan keterampilan, juga merupakan syiar dan dakwah Islam, khususnya di sekolah umum baik swasta maupun sekolah negeri, serta dapat mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan menumbuh kembangkan minat, bakat, dan kreatifitas dibidang keterampilan dan seni pendidikan agama Islam.

Mat Said mengharapkan, “Senantiasa mengedepankan sportivitas dan ukhuwah dalam berkompetisi, jadikan ajang ini sebagai ajang silaturrahim dan mempererat ukhuwah Islamiyah di antara sesama, baik antar peserta maupun sesama guru pendamping dan semoga menghasilkan para juara yang berkualitas dan sportif,” harapnya.

Untuk juara pertama berhak mewakili Kab. Grobogan diajang Pentas PAI Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 28-30 Agustus 2017 di Asrama Haji Donohudan Kab. Boyolali. Dan bila lolos seleksi Provinsi,akan dikirim ke tingkat nasional di Aceh,” ucap Mat Said. (bd/gt)