Pentingnya Audit Kinerja Menuju Profesionalitas Layanan Kemenag

Cilacap – Salah satu fungsi yang sangat menentukan kualitas kinerja adalah evaluasi. Melalui evaluasi akan diperoleh data seberapa baik kesesuaian proses mulai perencanaan hingga pelaksanaan suatu pekerjaan. Oleh karenanya, tim auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Agama hadir di Kankemenag Cilacap guna melaksanakan tugas audit kinerja.

Pelaksana tugas Kakankemenag Kab Cilacap, Jasmin, Senin (27/8) saat menyambut Tim Inspektorat mengatakan bahwa, pihaknya merasa gembira atas kegiatan audit kinerja. Menurutnya, kegiatan audit sangat penting untuk meningkatkan kualitas kinerja aparatur. Sehingga layanan publik pada Kementerian Agama akan terus meningkat kualitasnya.

“Siapapun pemimpinnya, pada dasarnya tidak ingin lembaga yang dipimpinnya memiliki kualitas layanan yang rendah. Akan tetapi keinginan tersebut terkadang kalah oleh kepentingan lain. Sehingga dapat terjadi keliru arah mengambil langkah. Akibatnya program yang sudah direncanakan tidak dapat berjalan dengan baik. Nah disinilah kita merasa membutuhkan adanya audit sebagai fungsi kontrol tertinggi. Dengan begitu apa yang menjadi cita-cita luhur Kementerian Agama dapat berfungsi sesuai dengan harapan bangsa,”katanya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa, sebagai pemimpin pihaknya telah melakukan tugas pokok dan fungsinya. Salah satunya adalah fungsi kontrol melalui kegiatan evaluasi sebagai pengendali. Meskipun begitu, pihaknya menyadari bahwa tidak ada pekerjaan manusia yang sempurna. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada tim audit yang telah berkenan memilih lokasi Kemenag Cilacap.

Adapun sasaran audit meliputi Kankemenag dan satuan kerjanya seperti madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA). Berdasarkan jadwal, tim audit akan melaksanakan tugas selama sepuluh hari kerja, yakni dari (27/8-7/9). Dia berharap melalui audit kinerja akan banyak ilmu yang diperoleh terkait regulasi. Karenanya, pihaknya meminta tim agar dengan arif memberikan berbagai masukan-masukan yang strategis. Endingnya, kedepan pelayanan Kemenag akan semakin realitis dan sesuai kemauan publik.(On/bd)