Pentingnya Karakter Bagi Seorang Pramuka

Temanggung – Upacara dalam rangka memperingati hari pramuka yang ke 56 tahun 2017 dirayakan juga oleh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedu, Senin (14/8) bertempat di halaman MTsN Kedu. Lembaga Pendidikan dibawah pembinaan Kementerian Agama Kabupaten Temanggung ini, para peserta upacara guru, karyawan dan seluruh siswanya semangat dan penuh khidmat dalam mengikuti upacara bendera tersebut.

Dalam sambutannya Kepala MTsN Kedu, Khaerun yang bertindak sebagai pembina upacara, mengajak generasi tunas bangsa, menjadikan HUT Pramuka tahun ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas dalam melaksanakan Tri Satya Pramuka dan Dasa Dharma Pramuka.  “Disamping itu juga disampaikan tentang pentingnya karakter bagi seorang pramuka. Karakter yang ditekankan dalam amanat tersebut berkaitan dengan kedisiplinan bagi peserta didik,” ujarnya.

Lebih jauh Khaerun menjelaskan fungsi Pramuka adalah kegiatan menarik, menyenangkan dan mengandung unsur mendidik. Dari sana selayaknya kita berusaha untuk meningkatkan setiap fungsi dan tujuan pramuka yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Beliau menyampaikan pesan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung untuk menjadikan Peringatan Hari Pramuka ini sebagai sarana mengabdi kembali niat kita meningkatkan kualitas diri kita untuk hidup yang lebih baik. Pramuka merupakan salah satu gerakan atau kegiatan yang sangat baik sekali untuk mengasah ketrampilan hidup bagi siswa-siswi diseluruh belahan dunia. Di dalam pramuka banyak sekali nilai-nilai yang ditanamkan, mulai nilai kemanusiaan, nilai sosial, nilai keagamaan, dan nilai-nilai yang lain, semua tercantum dalam 10 dasa dharma pramuka. Mudah-mudahan mereka menjadi siswa-siswi yang bisa menjalankan dasa dharma pramuka dan menjadi siswa-siswi generasi penerus bangsa, pungkasnya mengakhiri sambutannya.(ek/Af)