Pentingnya Kesehatan Reproduksi Remaja bagi Siswa Madrasah

Cilacap – Sebanyak 306 siswa kelas XI MAN Cilacap mengikuti penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang dilaksanakan di Masjid Arrahman, MAN Cilacap. Kegiatan digelar pada Rabu (25/10) yang dipandu oleh penyuluh dari Puskesmas II, Kesugihan Cilacap.

Acara yang terselenggara antara Puskesmas II dan Tim PMR Wira MAN Cilacap mendapat sambutan penuh atusias dari para siswa yang mengikutinnya. Banyak diantara mereka yang belum paham tentang sistem reproduksi dan fungsinya menjadi lebih mengerti.

“ Ini sangat bermanfaat karena penting untuk menjaga diri terutama alat reproduksi bagi perempuan”, kata Diah Ayu Riskiana P, siswa kelas XI- IPS 3. Pendapat yang hampir senada juga disampaikan Anisa Azzuhriyah, siswa kelas XI-IPA1, ”Kegiatan ini bagus karena kita jadi tahu banyak bagaimana menjaga kesehatan terutama alat reproduksi dan cara menanganinya”.

“KRR ini merupakan program dari Puskesmas yang tujuannya adalah untuk mensosialisasikan sehingga remaja tumbuh sehat sesuai dengan perkembangannya”, tandas Esti Nurhidayati selaku penyuluh.

Kegiatan tidak hanya ditujukan untuk kelas XI saja, bagi kelas X dilakukan pemeriksaan dini untuk melakukan pencegahan terhadap kesehatan dirinya.

“Dari kelas X kita lakukan pengecekan kesehatan terutama mereka yang mengalami gejala anemia. Program ini juga merupakan tindak lanjut PMR yang bekerja sama dengan Puskesmas II Kesugihan untuk menggalakan minum pil penambah darah yang dilaksanakan seminggu sekali selama empat kali. Dan hasilnya signifikan terhadap kesehatan anak, hal ini terbukti dengan sedikitnya anak yang sakit”, kata Eny Nurhidayah selaku pembina PMR Wira MAN Cilacap.

“Program KRR tahun depan juga masih direncanakan untuk dilanjutkan, dan dirasa memberi manfaat!”, ujar Esti pada penutupan. (Agus Sukowo/bd)