Pentingnya menyiapkan generasi yang cinta Al Quran

Banyumas – Dalam rangka meningkatkan kualitas, kompetensi dan wawasan keilmuan para Qori/qoriah Kabupaten Banyumas khususnya pada bidang seni baca Al-Qur’an, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas menyelenggarakan pembinaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang dilaksanakan di d’Garden Hall and Resto Purwokerto (Rabu, 26/08/2015).

Dalam laporannya, Kepala Seksi Bimas Islam Qoribun menyampaikan bahwa, “Kegiatan Pembinaan MTQ ini diikuti 50 orang peserta. Peserta berasal dari 27 kecamatan di wilayah Banyumas yang sebagian merupakan para kader Qori/Qoriah yang meraih juara pada MTQ Tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2015”.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Bambang Sucipto menyampaikan bahwa, “Kegiatan semacam ini hendaknya selalu diupayakan agar dapat dilaksanakan di waktu berikutnya dengan harapan dapat menghasilkan kader Qori/Qoriah yang lebih banyak dan berkualitas di kabupaten Banyumas”.

Kegiatan pembinaan MTQ tersebut diselenggarakan dengan paparan materi diantaranya “Kebijakan Kementerian Agama tentang pembinaan MTQ” yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Banyumas, materi ke-2 disampaikan H. Ma’mun Al Kahfi, S.H.I, Penyuluh Agama Kankemenag Kab. Banyumas dengan topik “Pentingnya Tajwid pada MTQ”. Ust. Akhmad Khoerudin, S.Pd.I. dari Pemalang sebagai narasumber utama menyampaikan materi tentang “Rumus dan teknik Tilawatil Qur’an”, yang pada saat itu menerapkan pada ayat-ayat al-Qur’an dengan mengambil Surat Al-An’am ayat 29-34.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut bahkan banyak peserta yang mengharapkan pelatihan semacam ini jangan cuma sehari agar lebih paham dan lihai menerapkan rumus lagu-lagu tilawah ke dalam ayat-ayat Al-Qur’an sehingga selalu siap jika menghadapi perlombaan atau MTQ di manapun. (Suwarto)