Pentingnya Pencegahan Pernikahan Dini, Narkoba dan AIDS bagi Siswa

Grobogan – Berdasarkan data di instansi terkait, telah terjadi peningkatan kasus pernikahan dini, kasus penyalahgunaan Narkoba dan meningkatnya kasus HIV-AIDS di Kabupaten Grobogan, maka atas dasar tersebut, seratusan siswa MAN 1 Grobogan mendapatkan sosialisasi pencegahan pernikahan dini, narkoba dan HIV-AIDS, Kamis, (06/12) di Aula MAN 1 Grobogan.

Kegiatan yang diprakarsai oleh FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Grobogan ini melibatkan beberapa narasumber, diantaranya dari Badan Kesbanglinmas, Polres Grobogan, DP3AKB, Dinas Kesehatan.

Dalam sambutannya Kepala MAN 1 Grobogan, Ibu Zulaikhah menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada FKUB yang melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, dengan harapan acara ini dapat bermanfaat bagi siswa MAN 1 Grobogan.

“Kami sangat bersyukur kepada FKUB yang melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, karena sosialisasi ini dapat memberikan pelajaran sekaligus solusi bagi permasalahan pernikahan dini dan pengetahuan tentang bahaya HIV bagi pelajar. Sehingga siswa kita dapat menyampaikan penjelasan yang diberikan kepada masyarakat,” katanya.

Ketua FKUB Kabupaten Grobogan Thoha Karim Amrulloh menyampaikan terima kasih kepada MAN 1 Grobogan yang telah berkenan menjadi tempat kegiatan sosialisai. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dan fungsi dari FKUB dalam pemberdayaan masyarakat dalam hal ini ada pelajar, yang telah dan akan dilaksanakan di beberapa sekolah di Purwodadi, dengan materi pencegahan pernikahan dini, bahaya narkoba dan HIV-AIDS.

“Edukasi sekolahan dan lingkungan itu juga menjadi penting untuk menerangkan dan memberikan sosialisasi. Kami juga sangat peduli terhadap masa depan generasi bangsa sehingga perlu adanya sosialisasi pencegahan pernikahan dini, bahaya narkoba dan HIV-AIDS baik untuk masa depan anak, karena kualitas bangsa dimulai dari keluarga, lingkungan dan sekolahan. Itu merupakan sebagian kecil cara untuk mencegah. Selain itu kita juga berikan pemahaman tentang bahayanya HIV-AIDS agar mereka bisa menjauhi,” imbuhnya.

Thoha melanjutkan, sosialisasi di MAN 1 Grobogan merupakan kegiatan kedua setelah di SMAN 1 Purwodadi, dengan isian materi yang pertama Peran Pemuda dalam memelihara Persatuan Bangsa oleh Badan Kesbanglinmas, dilanjutkan UU Perkawinan dan Pencegahan Pernikahan Dini dari DP3AKB, lalu Pencegahan Narkoba oleh Polres Grobogan, dan yang terakhir Pencegahan HIV-Aids oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan. (mh-bd/gt)