Pentingnya Penguatan Data GPAI Melalui Aplikasi SIAGA

Salatiga – Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Data Guru PAI dengan mensosialisasikan Aplikasi  Sistem Informasi Administrasi Guru Agama (SIAGA), untuk seluruh guru PAI tingkat SD, SMP, SMA, SMK se Kota Salatiga, di RM. Banyumili Kabupaten Semarang, Rabu (13/3).

Rakor ini di hadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Fahrudin, Kasi Pakis, Pengawas Madrasah Kemenag Kota Salatiga.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga mengatakan, seiring dengan tuntutan dan kemajuan zaman serta perkembangan IT yang begitu pesat, dibutuhkan akselerasi dan inovasi dalam menjawab berbagai tantangan, termasuk dalam perkembangan informasi dan teknologi, aplikasi SIAGA ini salah satu bentuknya.

“Aplikasi SIAGA bertujuan untuk pemusatan data guru agama secara online, aplikasi ini juga berguna pada saat guru akan melakukan proses pemberkasan sertifikasi agar lebih efektif dan terintegrasi,” kata Fahrudin.

Dijelaskan juga bahwa aplikasi SIAGA adalah pengganti Simpatika yang wajib digunakan seluruh guru agama untuk melakukan verval data guru PAI secara online. “Maka diharapkan dengan adanya rakor ini para guru PAI lebih menguasai IT,” tuturnya.

Disamping itu, Aplikasi SIAGA juga menjadi dasar Dirjen Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan program sertifikasi, pembayaran TPG dan pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kualitas pendidikan.

“Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) harus mampu meningkatkan kualitas pengetahuan, wawasan dan pengetahuan tentang aplikasi untuk menunjang kebutuhan satuan pendidikan,“ jelas Fahrudin.

Acara Rakor ini berjalan lancar dan khidmat yang diikuti seluruh guru PAI tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Negeri maupun swasta se Kota Salatiga. Sebanyak 40 orang yang hadir, dengan pemateri Kepala Kemenag Salatiga, Fahrudin, Kasi Pakis, Qomarul Azis dan ASN Bidang Pais Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Muhamad Andilala.(KK/Sua).