Pentingnya Penguatan Wawasan Kebangsaan kepada Peserta Didik

Sragen – Pendidikan Islam adalah satu hal penting dalam pembinaan peserta didik, apalagi dengan maraknya  pergaulan bebas di kalangan remaja, diperlukan penanganan dan pengajaran yang serius. Selain itu juga perlu diantisipasi gerakan liberalisme dan radikalisme yang belakangan muncul di Indonesia sering menyerang para remaja Indonesia.

Untuk menghadapai berbagai persoalan keremajaan itu, khususnya berkenaan dengan persoalan kebangsaan, Kankemenag Sragen melalui Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan kegiatan Penguatan Wawasan Rahmatan Lil Alamain bagi perwakilan siswa SMA/ SMK se-Kabupaten Sragen sejumlah 45 siswa, Kamis (15/02).

Pada kesempatan materi pertama yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen Ahmad Nasirin menegaskan, agar para siswa selalu mempertebal wawasan kebangsaan dan pemahaman Islam Rahmatan Lil Alamin.

“Islam Rahmatan Lil Alamin yang dikemas dalam bentuk sosialisasi kepada para siswa ini adalah salah satu program Kementerian Agama, program ini untuk mengingatkan kepada para siswa khususnya bahwa Islam itu adalah rahmat bagi semua manusia,” jelas Nasirin.

“Karena rahmat bagi semua manusia maka perbedaan yang ada baik itu suku, agama, ras dan perbedaan itu bukan menjadi penyebab perpecahan tapi jusru menjadi rahmat dan disyukuri dengan saling menjaga kerukunan," tambahnya.

Sementara itu Kasi PAIS Khumaidin menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan itu sangat didukung oleh banyak pihak seperti MUI, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun Ormas Keagamaan di Sragen. Khumaidin menyampaikan bahwa untuk kegiatan tersebut, panitia menghadirkan 3 narasumber yakni Drs. H. Ahmad Nasirin, M.Ag dari Kankemenag Sragen, Drs. H. Abdullah Afandi dari FKUB dan pengurus PDM Sragen serta KH. Dr. Agus Budiharto, M.Ag dari MUI/ PC NU Sragen. (ira/gt)