Pentingnya Sinkronisasi Data dan Anggaran

Salatiga — Bertempat di Syariah Hotel Solo, Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Jateng menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi BPKP, Evaluasi TPG dan PPG Tahun 2021 tanggal 07 s.d 08 September 2021. Kegiatan diikuti oleh 120 peserta dari Kanwil Kemenag Provinsi Jateng dan Kemenag Kab/Kota terdiri dari Kepala Bidang PAI, Kepala Seksi, Perencana dan Operator Siaga Kab/Kota se Jawa Tengah.

Kasi PAI SMA/SMK, Hj Afifatun melaporkan bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut rapat koordinasi Bidang PAI dengan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI tanggal 31 Agustus 2021 dan juga sebagai bentuk persiapan koordinasi verifikasi BPKP dan serta implementasi pelaksanaan pembayaran selisih tukin Guru PAI.

Selanjutnya, Kepala Bidang PAI Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, H Imam Buchori selaku koordinator pelaksanaan verifikasi BPKP dan selisih tukin guru PAI PNS mengharapkan sinergitas antara pihak-pihak yang berkepentingan untuk bekerja sama dalam menyukseskan pelaksanaan verifikasi oleh BPKP.

Operator siaga PAI Kemenag Kab/Kota diharapkan bekerja keras dalam verifikasi BPKP ini.  “Persiapkan secara matang agar pelaksanaan verifikasi ini sukses dengan menyediakan data  yang valid dan per by name, agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahan sehingga tidak menjadi temuan dalam permeriksaan nantinya. Hitung dengan cermat kebutuhan belanja pegawai khususnya TPG PNS PAI agar bisa dilaksanakan pengalihan anggaran belanja pegawai melalu mekanisme revisi tingkat satker maupun tingkat Kanwil Kemenag Jateng.” Jelas Imam.

Perencana Kemenag Kota Salatiga, Setiyo Winarso hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa semua pihak terkait seperti pengelola, operator SIAGA, guru PAI harus memperhatikan juknis PPG dan TPG dan saling bekerja sama dalam sinkronisasi data dengan sistem yang ada sehingga tidak terjadi kesalahan data antara penerima dan jumlah anggaran yang ada.  (Humas/Setiyo-Fitri)