Pentingnya Tugas Karu Dan Karom Dalam Ibadah Haji

Kudus – Karu ( Ketua Regu ) dan Karom ( Ketua Rombongan ) mempunyai peranan yang  sangat penting dalam melayani para jamaah haji yaitu membantu anggotanya tetap utuh , aman, tertib serta dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji .

Demikian yang disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Su’udi saat memberikan pembinaan  pada pembekalan Tusi Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan ( Karom ) Kemenag Kudus tahun 1439H/2018 yang diikuti oleh 129 Karu dan 33 Karom yang dilaksanakan selama 2 hari 16 – 17 Juli 2018 bertempat di Gedung Arwaniyah Kudus, Senin (16/7) . Su’udi menambahkan , dengan adanya pembekalan ini diharapkan peserta dapat menyiapkan diri dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang  mungkin terjadi  dengan  didasari rasa ikhlas , sabar serta selalu berkoordinasi , mengutamakan kepentingan kelompok dari pada kepentingan pribadi. Karu dan Karom adalah orang orang yang terpilih untuk mengemban tugas yang mulia ini , oleh karena itu diperlukan kekompakan dan kerjasama dalam menjalankan tugasnya.

Kepala Kemenag Kudus, Noor Badi dalam materinya yang berjudul “ Tusi Karu dan Karom dalam suksesnya pelayanan haji “ mengatakan keberadaan Karu dan Karom  mempunyai posisi sangat strategagis  antara petugas haji dan jamaah, oleh karena itu  Karu dan Karom  harus mempunyai kemampuan yang handal , cerdas dan cepat dalam merespon  permasalahan  yang terjadi serta  berkomitmen yang kuat  untuk melayani tamu Allah.

Tugas pokok Karu ( Ketua Regu ) meneruskan informasi dari Karom dan petugas Kloter  , membantu , mengatur dan menjaga  anggota regunya agar tetap utuh , tertib dan lancar dalam melaksanakan ibadah haji serta melaporkan permasalahan pada Karom.

Sedangkan tugas pokok Karom (Ketua Rombongan)  membantu pelaksanaan tugas ketua Kloter yang menyertai  jamaah haji di bidang pelayanan umum dan ibadah . Mengatur , membantu dan menjaga anggota rombonganya agar tetap utuh dan tertib serta dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji.

Hadir pula pada kegiatan ini Kabid PHU Kanwil Kemenag  Jateng , Sholikin dengan memberikan  materi yang berjudul “ Pelayanan Haji Di tanah Suci “ . (St.Zu-/wwk/bd).