Pentingya Ekonomi Keumatan

Bimas Hindu, Sebagai Hindu jangan bangga dengan apa yang telah kita punya tetapi kita harus mampu meningkatkan potensi yang ada. Setiap orang, kelompok/organisasi mesti mempunyai impian untuk sukses/berhasil. Ujar I Dewa Made Artayasa  dalam sambutan Piodalan Pura Kalingga Satya Dharama, Minggu (29/7)

Hadir dalam kesempatan tersebut Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Pendharma Wacana Anak Agung Ketut Darmaja serta turut menghadiri piodalan tersebut  umat Hindu Kabupaten Wonosobo.

“Ada tiga factor keberhasilan atau kesuksesan organisasi/lembagaga yaitu lembaga, Sumber daya manusia, dan ekonomi”  Lembaga, menjadi pelindung umat dan pemersatu serta mampu memberikan pelayayan yang optimal, Sumber daya manusia, bila ingin mencapai kesuksesan maka peningkatan pengetahuan, pendidikan dan kopetensi penting untuk ditingkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), baik manusia sebagai insan maupun sebagai sumber daya pembangunan penting dalam rangka mewujudkan struktur ekonomi yang kokoh, mandiri dan andal sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan untuk peningkatan dan terakhir  Ekonomi, dengan lembaga/organisasi, sumber daya manusia yang baik tentu yang menjadi penunjang selanjutnya adalah ekonomi,  bila ekonomi tidak mapan maka semua tidak dapat berjalan sesuai dengan keinginan, perekenomian yang diharapkan adalah semakin meningkatnya kemakmuran umat melalui tercapainya tingkat pertumbuhan yang tinggi dan tercapainya stabilitas nasional maka di Bimas Hindu ada program pengembagan ekonomi umat, ada kelompok bianaan jadi mari kita semua buat pemberdayaan agar kita mampu untuk menopang kegiatan keagamaan serta untuk kemajuan lembaga agama.

kegiatan ini dilaksanakan acara pembersihan/ penyucian skala / niskala. Yang dapat dilakukan sehari atau dua hari sebelum odalan atau upacara. Yang kedua yaitu medatengan yaitu bertujuan mendatangkan atau menstanakan menifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang akan diaturkan piodalan. “Wahonogol”